Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru SD/MI melalui Pelatihan Media Pembelajaran Edugames Berbasis Teknologi: Quizizz dan Baamboozle
(1) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(2) UPN "Veteran" Jawa Timur
(3) UPN "Veteran" Jawa Timur
(4) UPN "Veteran" Jawa Timur
(5) UPN "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.22951
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Arifin, H. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Widya Balina, 5(9), 1-12.
Azanella, L. A. (2020). “Kisah Pak Guru Avan, Mengajar dari Rumah ke Rumah karena Siswa tak Punya Ponsel”. Kompas, 18 April 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/18/140342165/kisah-pak-guru-avan-mengajar-dari-rumah-ke-rumah-karena-siswa-tak-punya?page=all, diakses pada 29 Maret 2021
Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO Declares COVID-19 a Pandemic. Acta bio-medica : Atenei Parmensis, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397
Huang, W. H. 2011. Evaluating learners’ motivational and cognitive processing in an online game-based learning environment. Computers in Human Behavior, 27(2), 694– 704.
Hutagaol, J.P. (2020). 10 Aplikasi Belajar Terbaik Berbasis Game Menarik bagi Siswa, Penyemangat Belajar dari Rumah. https://www.ruangparabintang.com/2020/03/aplikasi-belajar-berbasis-game-atau.html, diakses pada 31 Maret 2021.
Kemendikbud. (2020). “Kemendikbud Siapkan Alternatif Pembelajaran melalui TVRI”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/kemendikbud-siapkan-alternatif-pembelajaran-melalui-tvri-pada-semester-genap-ta-20202021, diakses pada 29 Maret 2021
Kemendikbud. (2020). “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah, diakses pada 29 Maret 2021.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020
Krisbiantoro, B. (2020). The Effectiveness of Gamification to Enhance Students’ Mastery on Tenses Viewed from Students’ Creativity. Journal of Advanced Multidisciplinary Research. 1(2): 73—97
Padli, F., & Rusdi, R. (2020). Respon siswa dalam pembelajaran online selama pandemi. Social Landscape Journal, 1(3), 1-7.
Rofiyarti, F. & Sari, A.Y. (2017). TIK untuk PAUD: Penggunaan Platform “Kahoot!” dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratir Anak. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 3(3b): 164—172
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Satgas Covid-19 Republik Indonesia. (2021). “Data Sebaran Covid-19 di Indonesia”. https://covid19.go.id/
Situmorang, K., & Christie Lidya Rumerung, Dwi Yulianto Nugroho, Peggy Sara T., M. M. Y. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Penggunaan fitur gamifikasi daring di SMA-SMK Kristen PENABUR Bandar Lampung. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 869–877. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.394
Tedjasaputra, Mayke S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Widodo, S., Samudi, S., Brawijaya, H., & Maruloh, M. (2016). Animasi Interaktif Edugame Komputer Pada SDN Kampung Bulak 1. Simnasiptek 2016, 1(1), 45-50.
Article Metrics
Abstract view : 521 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ilmatus Sa'diyah, Adelia Savitri, Salsa Febiola Gading Widjaya, Falih Wicaksono, Al Danny Rian Wibisono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.