PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Muhammad Yusri Bachtiar(1*),

(1) Program Studi PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275

Abstract


Dalam konteks pendidikan Anak Usia Dini,  Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan keberhasilan pendidikan anak usia dini yang memerlukan perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat. Untuk pendidik PAUD formal dan non formal (TK,RA, TPA, KB, atau sederajat) terdiri atas guru, guru pendamping dan pengasuh. Guru pada umumnya  disyaratkan memiliki empat kompetensi  sebagai berikut. (1) Kompetensi pedagogik,; (2) Kompetensikepribadian; (3) Kompetensi Sosial; (4) Kompetensi Profesional.  Mengenai tenaga kependidikan (Pengawas PAUD, Kepala PAUD, dan Staf administrasi) harus melakukan manajemen tenaga kependidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan dalm rangka membina, melatih dan mentraining satf-staf yang ada di lembaga PAUD. Anak usia dini berada pada fase yang sangat fundamental sehingga perlu pembinaansecara menyeluruh agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Keywords


Pendidik; Tenaga Kependidikan; Anak usia Dini

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 12335 times | PDF view : 885 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Muhammad Yusri Bachtiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.