Pelatihan Cara Penggunaan Kartu Positif dan Negatif dalam Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Guru-guru di SDK Pemo 2

Magdalena Wangge(1*),

(1) Universitas Nusa Cendana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v13i1.20438

Abstract


Salah satu materi penting yang diajarkan di tingkat Sekolah Dasar adalah materi operasi hitung bilangan bulat. Beberapa jenis operasi hitung yang biasa dipelajari yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Peserta didik di SDK Pemo 2 masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan beberapa soal terkait operasi hitung pada bilangan bulat. Menurut pengabdi, salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan bantuan alat peraga yang sesuai yaitu kartu positif dan negatif. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu selain ingin memperkenalkan alat peraga kartu positif dan negatif, juga diharapkan dapat membantu para guru dalam menjelaskan konsep operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga kartu positif dan negatif. Metode dari kegiatan pengabdian ini adalah berupa pemberian pelatihan, pendampingan, serta adanya diskusi dan tanya jawab. Dari kegiatan pengabdian ini diperoleh hasil yaitu para guru di SDK Pemo 2 dapat memahami dengan baik cara penggunaan kartu positif dan negatif, membantu dalam menjelaskan dan menanamkan konsep terkait penyelesaian operasi hitung bilangan bulat.


Keywords


guru, kartu positif negatif, operasi hitung bilangan bulat

Full Text:

PDF

References


Arifin. (2015). Lesson Plan Berbasis Kerangka Kerja ELPSA untuk Membangun Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa. Jurnal Kependidikan, 14(1), 11–21.

Dahlan, D. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Pada Siswa Kelas III SDN 240 Harue Kabupaten Bulukumba. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(2), 137-145.

Istiani, A. & Arnidha, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Dakota Pada Pembelajaran FPB dan KPK. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 66-70.

Putri, M. S. (2016). Penggunaan Kartu Positif Negatif Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bilangan Bulat Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(38), 3606–3613.

Sidik, G. S. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470.

Taneo, P. N. L., Daniel, F. & Bien, Y. I. (2018). Pendampingan Pembuatan dan Penerapan Alat Peraga Matematika Bagi Guru SD Gugus II Kecamatan Amanuban Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(3), 229-233.

Watini, Sugita, G., & Anggraini. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Kartu Positif-Negatif di Kelas IV SD Inpres 2 Siney Kecamatan Tinombo Selatan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 6(8), 1–16.


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Magdalena Wangge

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by