Pelatihan Jarimatika Bagi Guru Di Sd Negeri 2 Indralaya Utara
(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(4) Universitas PGRI Palembang
(5) Universitas PGRI Palembang
(6) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.19205
Abstract
Pelajaran matematika merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa sebelum mempelajari mata pelajaran sains. Masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika hal ini dapat dilihat dari hasil belajarnya serta sikapnya dalam mengikuti pembelajaran. Sebenarnya tidak demikian, apa bila guru dalam tugasnya memiliki keterampilan dan kemampuan yang dapat menarik minat siswa dalam belajar terutama behitung kali, bagi, tambah dan kurang. Metode jarimatika sangat baik digunakan guru karena jarimatika dapat memudahkan siswa dalam berhitung baik dari angka satuan, puluhan hingga ratusan dengan menggunakan jari tangan. Metode pada pelatihan ini menggunakan metode ceramah, workshop, dan Tanya jawab dimana angket digunakan sebagai nilai ukur ketercapaian kegiatan. Hasil pelatihan menunjukan bahwa metode jarimatika dapat dijadikan alternative pembelajaran bagi guru SD kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan berhitung kali, bagi, tambah dan kurang. Selama kegiatan semua guru aktif dalam pelatihan serta kemampuan guru dalam penggunaan metode jarimatika sangat baik. Terlihat pada angket yang diberikan bahwa didapat hasil 88% guru memamhami metode jarimatika bahkan melebih 85% dari target yang diharapakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariati, J. (2017). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunanetra Sekolah Dasar SLB Negeri I Pemalang. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 115–125. https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.115-125
Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816
Idham Sumirat, T. W. (2017). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Indah, R. P. (2015). Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Kelas III. DutaCom Journal. 8(2): 1-7
Mariyati, Y., Sari, N. 2017. Efektifitas Penggunaan Jarimatika dalam Meningkatkan Ketrampilan Berhitung Matematika Kelas III SD N 2 Tamansari. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2 (1) : 30-35
Nasution, T. K., Surya, E., Pasca, P., Prodi, S., & Matematika, P. (2016). Penerapan Teknik Jarimatika Dalam Upaya Perkalian Bilangan. II(2), 136–147.
Riyanti, R., Sutama, S., & Maryadi, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Matematika di SD Negeri Mangkubumen 83 Surakarta. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 65–74. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5150
Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 73–84. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1302
Sulistiyaningsih, N. 2018. Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika dengan Metode Jarimatika. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 2 (1) : 57-6
Wulandari, S. P. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Tangerang: PT Kawan Pustaka.
Article Metrics
Abstract view : 424 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Puji Ayurachmawati1, Sunedi, Marvinda Rizki Dita Dirgantara, Sylvia Lara Syaflin, Miftha Indasari, Adrianus Dedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by