Pendampingan Pengembangan Budaya Baca di MI Yaphiston Surabaya

Hernik Farisia(1*), Husniyatus Zainiyati(2), Ali Mudlofir(3), Siti Lailiyah(4),

(1) UIN Sunan Ampel
(2) UIN Sunan Ampel
(3) UIN Sunan ampel
(4) UIN Sunan Ampel
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.19172

Abstract


Minat baca siswa di MI Yaphiston Surabaya masih perlu didorong peningkatannya diindikasikan dengan sedikitnya prosentase siswa yang mengunjungi perpustakaan dan mengikuti kegiatan pembiasaan membaca. Hal ini dikarenakan keterbatasan buku bacaan non teks untuk peserta didik dan kurangnya pelibatan warga sekolah dalam menumbuhkan budaya baca siswa. Dengan pendekatan Community Based Research (CBR), proses pendampingan ini lebih menitikberatkan pada peran aktif komunitas sekolah dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pendampingan ini untuk mewujudkan perubahan positif yang diharapkan. Tindak lanjut dari inisiasi ini adalah langkah aksi yang terwujud dalam bentuk: (1) pelatihan strategi pengembangan budaya baca dan pengelolaan perpustakaan bagi warga madrasah, (2) pelaksanaan program budaya baca di MI Yaphiston diantaranya adalah Iqra’ fis Shabah, Word board activity, kata estafet, perpustakaan terbuka, dan kunjung perpustakaan, dan (3) terbentuknya kepengurusan perpustakaan. Berbagai upaya tersebut berkontribusi positif dalam meningkatkan minat baca siswa yang diindikasikan dengan peningkatan pengunjung perpustakaan yang mencapai 90% (24-25 siswa dari 169 siswa melakukan kunjungan ke perpustakaan per hari). Lebih dari itu, madrasah semakin berdaya dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah secara berkelanjutan.


Keywords


Minat Baca, Penelitian Berbasis Komunitas, Gerakan Literasi Sekolah

References


Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Subang Banyumas. Libria, 9(1), 13–26.

Castelli, D. M., Barcelona, J. M., & Bryant, L. (2015). Contextualizing physical literacy in the school environment: The challenges. Journal of Sport and Health Science, 4(2), 156–163. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.04.003

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2015). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Kemendikbud.

Emeka Christiana, U. (2014). Literacy Learning Spaces, Strategies and Opportunities in the Information Age: The Role Of Libraries in Creating and Enhancing Literacy-Friendly Environment for National Development. Library Philosophy and Practice (e-Journal), 1–27.

Fahrurrozi, F. (2016). Pendampingan Pengembangan Budaya Baca Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 15(2), 97. https://doi.org/10.21580/dms.2015.152.748

Garbe, C., & et.al. (2016). Literacy in Finland; Country Report Children and Adolescent. University of Cologne.

Hanafi, & et.al. (2015). Community Based Research Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. LP2M UIN Sunan Ampel.

Hanafi, M., & et.al. (2015). Community-Based Research; Sebuah Pengantar. LP2M UIN Sunan Ampel.

Hilal Hidayat, M., Agus Basuki, I., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11213

Megawati, E., & Megawanti, P. (2019). Edukasi Gerakan Literasi Sekolah dan Penanaman Sikap Cinta Tanah Air dalam Menghadapi Era Disrupsi 4.0 pada Anggota Yayasan Bina Utama Melati. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 25(1), 13. https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i1.14067

Miller, John. W., & McKenna, M. C. (2016). World Literacy: How Countries Rank and Why It Matters. Routledge.

Rusydiyah, E. F., Farisia, H., & Kurniawan, A. P. (2018). Akselerasi Surabaya Sebagai Kota Literasi Melalaui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi Berbasis Pendekatan Asset Based Community Driven-Development (ABCD)

Solihin, L., & dkk. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi.

USAID Prioritas. (2015). Modul Pelatihan Praktik yang Baik di SD dan MI III; Program Budaya Baca.

Wiediarti, P. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,.


Article Metrics

Abstract view : 552 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Hernik Farisia, Husniyatus Zainiyati, Ali Mudlofir, Siti Lailiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by