Implementasi Workshop Blended Learning Menggunakan E-Book Lesson Plan Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Siti Raihan(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.19075

Abstract


Peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia berdampak pada kebutuhan peningkatan kualitas guru. Sebagai pendidik professional, guru berperan dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Rencana pembelajaran (lesson plan) menjadi strategi guru memanajemen proses pembelajaran. Kompetensi guru dalam mengembangkan RPP dibutuhkan khususnya dalam menerapkan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dan berkarakter. Guru perlu menguasai konsep pengembangan RPP saintifik berkarakter untuk pembelajaran daring maupun luring. Guru perlu selalu difasilitasi dalam meningkatkan kompetensinya.Tersedianya e-book sebagai bahan pelatihan, perlu diuji efektivitasnya agar tepat guna dalam pemanfaatannya meningkatkan kompetensi guru. E-book berbasis hypercontent dipilih karena memenuhi kriteria bahan pelatihan yang fleksibel, dan efisien untuk dapat digunakan secara daring dan luring karena memiliki beragam fitur (hypercontent). Oleh karena itu, diharapkan melalui penelitian ini mampu mengetahui implementasi workshop blended learning menggunakan e-book lesson plan berbasis hypercontent dalam meningkatkan kompetensi guru mengembangkan RPP saintifik berkarakter. Penelitian pre-experimental jenis One-Group Pretest-Posttest Design ini dikemas dalam bentuk kegiatan workshop blended learning dengan subjek penelitian salah satu kelompok guru MGMP di Kota Jambi. Hasil evaluasi dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji n-gain menujukkan bahwasanya terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan RPP saintifik berkarakter berdasarkan hasil analisis data kualitas RPP guru sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) implementasi workshop blended learning menggunakan e-book leasson plan berbasis hypercontent.


Keywords


Workshop; Blended Learning; E-Book Lesson Plan; Hypercontent; Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Eskawati, Y.S., & Sanjaya, M.G.I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 46-53. ISSN: 2252-9454.

Fuada, S., Nainunis, A.I., & Aditya, N.W. 2018. Pengembangan Buku Ajar IPS-Sejarah Digital SMP. Jurnal Teknik Informatika UIN Syarif Hidayatullah, 37-48. ISSN: 1979-9160.

Ghofur, A., & Kustijono, R. 2015. Pengembangan E-Book Berbasis Flash Kvisoft Flipbook pada Materi Kinematika Gerak Lurus sebagai Sarana Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). Vol. 04 No. 02, 176-180. ISSN: 2302-449.

Hotimah, Ulyawati, & Siti Raihan. (2020). Pendekatan heutagogi dalam pembelajaran di era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 152–159.

Humairoh, F., & Wasis. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Penerapannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(2). 69-75 ISSN: 2302-4496.

Mark, Frydenberg, Diana, & Andone. 2016. Creating Micro-Videos To Demonstrate Technology Learning and Digital Literacy. Journal of EmeraldInsight-Interactive Technology and Smart Education, 13(4). http://dx.doi.org/10.1108/ITSE-09-2016-0030.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. 2017. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84-96. p-ISSN: 2407-0963, e-ISSN: 2460-7177.

Megawati, C. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran BIPA Tingkat Menengah Melalui E-Book Interaktif di Program Incountry Universitas Negeri Malang Tahun 2014. Jurnal NOSI, 2 (1). ISSN: 2337-8425.

Meishanti, O. P. Y. (2020). Pengelolaan Rencana Pembelajaran Semester Daring Berbasis Ruang Belajar Model Flipped LearninG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, 260–266.

Munwarah, D. I., & Buditjahtanto, A.P.G.I. 2016. Pengembangan Bahan Ajar E-Book pada Mata Kuliah Komunikasi Data Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro UNESA. 5(1), 1-5.

Munawwarah, M., Anwar, S., & Sunarya, Y. 2017. How to Develop Electrochemistry SETS-Based Interactive E-Book?. Journal of Physics, Conf. Series 895. Doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012112.

Nugraha, A.D. 2014. Pengembangan Media E-Book Interaktif Bilingual pada Materi Pokok Kalor untuk SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3 (1), 1-7 ISSN: 2302-4496.

Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., & Raihan, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan, 10, 260–265. http://103.76.50.195/pubpend/article/view/16069

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207.

Puspitasari, A, & Rakhmawati, L. 2013. Pengembangan E-Book Interaktif pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro UNESA, 2(2).

Raihan, S., Haryono, & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning E-Book Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology, 7(1), 7–14.

Rodríguez, M.L., Alonso, P., Muñiz, R.J.L., Coninck, D.K., Vanderlinde, R., & Valcke, M. 2018. Exploring the Effectiveness of Video-Vignettes to Develop Mathematics Student Teachers'. Feedback Competence. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2018, 14(11), em1573, Doi: 10.1145/2094131.2094154.

Susanto, H., Roekhan, & Priyatni, T.E. 2016. Pengembangan Buku Pintar Elektronik Teks Eksposisi bagi Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6)1017—1027. E-ISSN: 2502-471X Vassiliou, M., & Rowley, J. 2008. Progressing the Definition of “E book, EmeraldInsight Journal-Library Hi Tech, 26(3) 355-368, DOI: https://doi.org/10.1108/07378830810903292.

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54.


Article Metrics

Abstract view : 503 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Siti Raihan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by