Kunjungan Rumah sebagai Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Wonorejo, Ngawi , Jawa Timur

Sudarti Sudarti(1*), Sumarjono Sumarjono(2), Alfia Ulfa(3), Karina Laksmiari(4),

(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.18357

Abstract


Pembelajaran di masa pendemi covid-19 menimbulkan beberapa permasalahan bagi anak-anak, baik dari segi proses pembelajaran, minat belajar siswa, masalah teknis, hingga minimnya fasilitas pendukung daring. Sebagai solusi, dilaksanakan kunjungan rumah untuk melakukan pendampingan belajar anak-anak di Desa Wonorejo, Ngawi, Jawa Timur.  Jumlah siswa yang mengikuti pendampingan adalah 16 siswa SD dan 9 siswa SMP.  Kegiatan ini  dilaksanakan selama 6 minggu dengan frekuensi 3x per minggu. Tahapan pelaksanan kegiatan ini meliputi: 1) identifikasi masalah, 2) perencanaan kegiatan, 3) sosialisasi kegiatan, 4) pelaksanaan pendampingan, 5) evaluasi. Hasil pendampingan belajar menunjukkan bahwa, siswa lebih semangat dalam mengerjakan tugas sekolah, hasil belajar siswa juga menjadi lebih baik setelah mengikuti program ini, orang tua siswa merasa lebih mudah untuk membimbing anaknya dalam mengerjakan tugas sekolah. Secara umum dapat disimpulkan, kegiatan ini memberikan respon postif bagi siswa dan orang tua.

Keywords


Pendampingan belajar, pembelajaran daring, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Malik, I. (2020, August). Pembelajaran Tatap Muka Di Ngawi Tunggu Zona Hijau - Pendidikan | RRI Madiun |. Rri.Co.Id. https://rri.co.id/madiun/pendidikan/886389/pembelajaran-tatap-muka-di-ngawi-tunggu-zona-hijau

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Shudur, M. (2019). Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Sumbula, 4(2), 328–346.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Sudarti Sudarti, Sumarjono Sumarjono, Alfia Ulfa, Karina Laksmiari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.