Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16187
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan bermitra guru-guru SD yang tergabung dalam KKG Gugus 1, Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian yaitu: (1) kurangnya kompetensi mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital yang kekinian sesuai dengan perkembangan teknologi, (2) bahan ajar yang selama ini digunakan oleh mitra dalam kegiatan pembelajaran adalah hanya sebatas dari buku siswa dan buku guru, (4) kurangnya pengadaan kegiatan pelatihan yang mengasah kemampuan guru SD mitra dalam mengembangkan bahan ajar terutama bahan ajar digital, (5) mitra belum memiliki kemampuan IT yang memadai dalam mengembangkan bahan ajar digital. Melihat pentingnya pengembangan bahan ajar sesuai perkembangan teknologi sekarang ini maka diperlukan pelatihan yang mampu meningkatkan kemampuan teknologi mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital kekinian. Jika mitra memiliki kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar digital kekinian, maka pembelajaran sesuai dengan pembelajaran pada era digital dengan memperhatikan karakteristik peserta didik yang merupakan digital native. Adapun metode kegiatan pengabdian dilaksanakan secara blended, yaitu secara tatap muka dan secara virtual melalui zoom meeting. Hasil yang dicapai adalah adanya peningkatan kemampuan mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital yang kekinian yang memadukan berbagai platform yaitu canva, youtube, dan quizziz.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas, (2017). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
Dick, Walter ; Carey, Lou & Carey, James O. (2009). The Systematic Design Instructional. New Jersey: Pearson Education Upper Saddle River
Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Rajawali Press.
Prensky,M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1, On the horizon, 9 (5), pp.1-6.
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 1. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Deni Darmawan, S. H. B. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dan Facebook pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknodik, 18(3), 227–240. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.129
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1). https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57
Wibawa, B. (2016). Electronic, Mobile and Ubiquitous Learning in Higher Education. In Electronic and Mobile Learning International Seminar Proceedings (Vol. 53, Issue 9). Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta. http://repository.lppm.unila.ac.id/8795/1/Proceedings internasional jakarta 2.pdf
Article Metrics
Abstract view : 3242 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hotimah Hotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by