Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa

Muh. Faisal(1*), Hotimah Hotimah(2), Nurhaedah Nurhaedah(3), Nurfaizah AP(4), Khaerunnisa Khaerunnisa(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16187

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan bermitra guru-guru SD yang tergabung dalam KKG Gugus 1, Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian yaitu: (1) kurangnya kompetensi mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital yang kekinian sesuai dengan perkembangan teknologi, (2) bahan ajar yang selama ini digunakan oleh mitra dalam kegiatan pembelajaran adalah hanya sebatas dari buku siswa dan buku guru, (4) kurangnya pengadaan kegiatan pelatihan yang mengasah kemampuan guru SD mitra dalam mengembangkan bahan ajar terutama bahan ajar digital, (5) mitra belum memiliki kemampuan IT yang memadai dalam mengembangkan bahan ajar digital. Melihat pentingnya pengembangan bahan ajar sesuai perkembangan teknologi sekarang ini maka diperlukan pelatihan yang mampu meningkatkan kemampuan teknologi mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital kekinian. Jika mitra memiliki kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar digital kekinian, maka pembelajaran sesuai dengan pembelajaran pada era digital dengan memperhatikan karakteristik peserta didik yang merupakan digital native. Adapun metode kegiatan pengabdian dilaksanakan secara blended, yaitu secara tatap muka dan secara virtual melalui zoom meeting. Hasil yang dicapai adalah adanya peningkatan kemampuan mitra dalam mengembangkan bahan ajar digital yang kekinian yang memadukan berbagai platform yaitu canva, youtube, dan quizziz.


Keywords


bahan ajar digital, pelatihan Guru SD, quizziz, canva

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, (2017). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Dick, Walter ; Carey, Lou & Carey, James O. (2009). The Systematic Design Instructional. New Jersey: Pearson Education Upper Saddle River

Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Rajawali Press.

Prensky,M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1, On the horizon, 9 (5), pp.1-6.

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 1. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Deni Darmawan, S. H. B. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dan Facebook pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknodik, 18(3), 227–240. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.129

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1). https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57

Wibawa, B. (2016). Electronic, Mobile and Ubiquitous Learning in Higher Education. In Electronic and Mobile Learning International Seminar Proceedings (Vol. 53, Issue 9). Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta. http://repository.lppm.unila.ac.id/8795/1/Proceedings internasional jakarta 2.pdf


Article Metrics

Abstract view : 3075 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Hotimah Hotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by