IbM ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR YANG STUDI LANJUT DI PGSD UPP PAREPARE

Ritha Tuken(1*),

(1) PGSD FIP UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v3i1.1608

Abstract


Media sebagai alat telah membuka jalan untuk mencapai fungsi tujuan pembelajaran. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa kegiatan pembelajaran dengan bantuan media meningkatkan kualitas kegiatan belajar siswa dalam jangka waktu tertentu. Itu berarti, kegiatan belajar siswa dengan bantuan media dan proses akan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media. Akhirnya, dapat dipahami bahwa media adalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, gurulah yang mempergunakannya untuk pembelajaran siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengambil bagian dalam membangun penggunaan media pembelajaran kepada para guru yang mengikuti studi lanjut di PGSD UPP Parepare. Tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal jika pemilihan strategi dan metode yang tepat. Harap dicatat bahwa agar proses pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajaran dapat memilih satu atau lebih metode.

Kata-kata kunci: Alat Bantu, Guru Sekolah Dasar, Sumber Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1065 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Ritha Tuken

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by