Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online

Hamzah Pagarra(1), Patta Bundu(2), Muhammad Irfan(3), Hartoto hartoto(4), Siti Raihan(5*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16069

Abstract


Peningkatan kualitas Pendidikan di era disrupsi secara signifikan berpengaruh pada peningkatan kompetensi guru. Kompetensi melaksanakan evaluasi secara daring menjadi salah satu kompetensi yang dibutuhkan untuk mengontrol kualitas pembelajaran daring. Guru perlu menguasai berbagai macam aplikasi berbasis tes dan penugasan online untuk dapat menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan kebutuhan evaluasi. Keterbatasan pemahaman guru terhadap aplikasi berbasis tes dan penugasan online menjadi kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring untuk ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan di KKG merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengoptimalkan kompetensi guru mengevaluasi pembelajaran daring. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan 3 tahapan utama, yakni pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi (hasil). Pendahuluan dilakukan dengan pendekatan dan sosialisasi untuk menjalin kerjasama dengan pihak mitra (KKG). Pelaksanaan dilakukan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan dan kebutuhan guru. Pelatihan secara langsung dilaksanakan dengan pemberian materi pelatihan secara bertahap dan membagi peserta kedalam 4 kelompok belajar. Peningkatan kompetensi guru dalam mengevaluasi pembelajaran daring menjadi fokus utama pelaksanaan evaluasi. Hasil evaluasi menujukkan bahwasanya terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengevaluasi pembelajaran daring didasarkan pada peningkatan pemahaman guru terhadap menggunakan berbagai aplikasi berbasis tes dan penugasan online.


Keywords


Kompetensi Guru, Evaluasi Pembelajaran Daring, Aplikasi berbasis tes dan penugasan online, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Deliana, M., S. (2016). The Development of Management Model of Kindergarten Teacher Team Work in Indonesia. Medwell Journals. 11(7) ISSN:1818-5800.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pendidikan Nasional. (2016). Permedikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Juliantri, L.A., Florentinus, T.S., & Wibawanto, H. (2017). Pengembangan E-Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Web di SMK Negeri 1 Slawi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET). 6(1) p-ISSN: 2252-7125 e-ISSN: 2502-4558.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Pratiwi, F., Adrianto, S., & Arianto, A. (2019). Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa

Berstandar Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 2 Dumai. Satin-Sains Dan Teknologi Informasi, 4(1), 80. Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V4i1.291.

Rahmani, C.A.M, Haryono, & Purwanti, E. (2017). Pengembangan Media Komunikasi Buku Penghubung Berbasis SMS Gateway dan Mobile Web. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET). 6 (2). p-ISSN 2252-7125. e-ISSN 2502-4558.


Article Metrics

Abstract view : 824 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Hamzah Pagarra, Patta Bundu, Muhammad Irfan, Hartoto hartoto, Siti Raihan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by