Keefektifan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Problem Posing- Solving dalam Pembelajaran Matematika

Agusalim Juhari(1*), Isma Muthahharah(2),

(1) Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pembangunan Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15891

Abstract


Pendekatan Problem Posing dan pendekatan Problem Solving adalah dua diantara banyak pendekatan pembelajaran yang mendukung Model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Matematika. Secara khusus, tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan Model PBL dengan pendekatan Problem Posing-Solving (PPS) yang secara khusus mendeskripsikan tentang: (a) hasil belajar Matematika siswa,  (b) aktivitas siswa, dan (c) respons siswa. Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian pra-eksperimen dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Model belajar yang yang digunakan adalah model belajar dalam jaringan (daring) guna mencegah penyebaran Covid 19. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi model keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar dalam bentuk online-form. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata skor hasil belajar (posttest) mencapai 78,93 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 12,5 melebihi KKM (70). Peningkatan hasil belajar berada pada kategori minimal sedang dengan rata-rata mencapai 0,75 dari skor ideal 1, (2) Aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan skor rata-rata mencapai 3,18 dari skor 4, (3) Respons siswa berada pada kategori positif dengan skor rata-rata siswa mencapai 3,6 dari skor 4, dan (4) Model Problem based Learning dengan Pendekatan Problem Posing-Solving efektif untuk indikator Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, dan Respons Siswa.

Keywords


Efektivitas; problem based learning; problem posing-solving; pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303

Aras, L., & Juhari, A. (2020). The Influence of REACT learning strategies on mathematics learning outcomes and learning activities of fifth grade students at SDN Lariangbangi Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(1), 32–39.

Dafik, H. S., & Lestari, N. D. S. (2014). Soal matematika dalam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 19.

Fogarty, R. (1997). Problem-based learning and other curriculum models for the multiple intelligences classroom. ERIC.

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UM Press.

Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA: University Press.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155.

Sari, V. (2007). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Dibanding Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition) pada Kemampuan Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 16 Semarang dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Tahun Pelajaran 2006/2007 [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan pendekatan problem solving dan problem posing dengan setting kooperatif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121–134.

Sutiarso, S. (2000). Problem Posing, Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Journal Pengajaran Matematika, 6.

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Wardhani, S. (n.d.). dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SD.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Xia, X., Lu, C., & Wang, B. (2008). Research on mathematics instruction experiment based problem posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153–163.


Article Metrics

Abstract view : 400 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Agusalim Juhari, Isma Muthahharah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by