Keefektifan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Problem Posing- Solving dalam Pembelajaran Matematika
(1) Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pembangunan Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15891
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303
Aras, L., & Juhari, A. (2020). The Influence of REACT learning strategies on mathematics learning outcomes and learning activities of fifth grade students at SDN Lariangbangi Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(1), 32–39.
Dafik, H. S., & Lestari, N. D. S. (2014). Soal matematika dalam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 19.
Fogarty, R. (1997). Problem-based learning and other curriculum models for the multiple intelligences classroom. ERIC.
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UM Press.
Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA: University Press.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155.
Sari, V. (2007). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Dibanding Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition) pada Kemampuan Siswa Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 16 Semarang dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan Tahun Pelajaran 2006/2007 [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.
Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan pendekatan problem solving dan problem posing dengan setting kooperatif dalam pembelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121–134.
Sutiarso, S. (2000). Problem Posing, Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Journal Pengajaran Matematika, 6.
Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Wardhani, S. (n.d.). dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SD.
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).
Xia, X., Lu, C., & Wang, B. (2008). Research on mathematics instruction experiment based problem posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153–163.
Article Metrics
Abstract view : 400 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Agusalim Juhari, Isma Muthahharah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by