Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV Dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Andi Makkasau(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Sulfadly Sulfadly(3),

(1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(3) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15133

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan program adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas IV dan V SD INPRES BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV dan V dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Cara menentukan ukuran sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Slovin. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 94 siswa. Kelas IVA dengan jumlah 25 siswa, kelas IVB dengan jumlah 21 siswa, kelas VA dengan jumlah 25 siswa, dan VB dengan jumlah 23 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa angket penerapan program adiwiyata terdiri dari 25 butir pernyataan dan angket sikap peduli lingkungan yang terdiri dari 30 item pernyataan. Angket penerapan program adiwiyata dan sikap peduli lingkungan telah di validasi oleh ahli di bidangnya dan telah diujicobakan (uji lapangan). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 22.0 Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan program adiwiyata di SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar secara kuantitatif dikategorikan tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan siswa kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar secara kuantitatif dikategorikan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan program adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Keywords


Adiwiyata; Sikap Peduli Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Adam, Ahmad Fajarisma Budi. 2014. Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2 (2): 166-173.

Astuti, S. 2016. Kepedulian Lingkungan pada Siswa Sekolah Adiwiyata (Studi di SMP Negeri 7 Yogyakarta), 1-14.

Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnaeni, Y. 2013. Implementasi Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di SMP Negeri 3 Gresik. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vo. 1(2).

Kemdikbud dan KLH. 2012. Panduan Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Bapedal Provinsi Jawa Timur.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan.

Kresnawati, N. 2014. Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH). Vol. 1 (3): 298-303

Landriany, Ellen. 2014. Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.Vol. 2(1): 82-88.

Mulyana, Rachmat. 2009. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli Dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, Vol.6 (2): 175-180.

Nur, Aisyah dkk. 2018. Efektivitas Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SDN Mangkura 1 Makassar.

Sahabuddin, Erma. 2016. Akses Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kupang: PTK PRESS

Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Sekretariat Negara.


Article Metrics

Abstract view : 550 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Andi Makkasau, Ahmad Syawaluddin, Sulfadly Sulfadly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.