Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Implementasi Nilai-Nilai Islam terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada SDN 219 Pukkiseng Kabupaten Sinjai

Azmar Azmar(1*), Nurhilaliati Nurhilaliati(2),

(1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram
(2) UIN Mataram
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.14498

Abstract


Soft skills sebagai roda penggerak keberhasilan pembelajaran kognitif menjadi keniscayaan persaingan Industri 4.0 saat ini. Output peserta didik dalam ranah pendidikan menjadi problematika pelaksanaan pembelajaran menuju individu-individu global berkualitas dengan berbagai strategi pembelajaran. Problematika tersebutlah menjadi landasan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis implementasi nilai-nilai islam terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran IPA, jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental   (eksperimen semu ) dengan static group comparison design, Subjek penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 219 Pukkiseng Kabupaten Sinjai, Perangkat penelitian berbentuk rancangan model pembelajaran inkuiri berbasis implementasi nilai-nilai islam sebagai variabel bebas dan instrumen tes hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik penelitian meliputi tahap awal berupa persiapan penelitian, tahap pelaksanaan dengan menggunakan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol serta tahap akhir berupa analisis deskriktif dan inferensial sebagai metode pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. 


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri; Hasil Belajar; Implementasis Nilai-nilai Islam; Metode penelitian Kuantitif

Full Text:

PDF

References


Abdussakkir. 2011. Matematika 1 Kajian Integratif Matematika & Al-Qur’an. Malang: UIN Malang Press, Hlm 8.

Azmar & Satriasma. 2017. Pengaruh Kepercayaan iri dan Kemandirian Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kabupaten Sinjai. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran (Wadah Komunikasi), 10(3), 287-436, ISSN 1979-5017.

Dwi Pertiwi, Suciati, & Marjono. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diangram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Siswa. 4(3): 16- 28.

Dimyanti & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryati. 2016. Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd Inpres Btn Ikip I Makassar. Journal Pendidikan asar Islam (AULAUNA), 3(2), ISSN 2407-2451.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Standar Pendidikan Nasional. Jakarta : Kemendikbud.

Kurniasi, B,. 2019. Revolusi Industri 4.0. Indonesia: Kompas, Maret 17.

Lukman Hakim. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1).

Masruri Burhan. 2018. Mengintegrasikan Nilai Keislaman Pembelajaran Matematika terhadap Pengembangan Karakter Bangsa. http://muhmasruriburhanunnes.blogsblo.com/2014/01/pengembangankarapeng-bangsa-melalui.html diakses pada 16 Agustus 2018.

Nilhayati. 2017. Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Materi Himpunan (kajian terhadap ayat-ayat al-qur’an), Jurnal Edumath, 3 (1), 65-77.

Nita, Agustinawati .2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMAN 7 Cirebon. E-Journal 3(2).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tangkas, I. M. 2012. Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains Peserta didik kelas X SMAN 3 Amlapura. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha. http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jirnal_ipa/article/view/410. Diakses tanggal 25 April 2012.


Article Metrics

Abstract view : 271 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Azmar Azmar, Nurhilaliati Nurhilaliati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.