Kajian Program, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum 2013 pada SD Di Kecamatan Cina Kabupaten Bone

Abd Haling(1*), Abd. Hakim(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.14309

Abstract


Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui gambaran program pembelajaran berbasis K.13 bagi guru SD, (2) mengetahuigambaran implementasi program pembelajaran berbasis K.13 bagi guru SD, (3) mengetahui gambaran  evaluasi proses dan hasil penerapan K.13 bagi guru SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptif research). Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk memahami masalah-masalah dalam pengembangan program pembelajaran, implementasi program, dan penilaian pelaksanaan program pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Desain penelitian adalah memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed research design). Data kuantitatif adalah data tentang dimensi-dimensi setiap program dan implementasi, dan evaluasi program pembelajaran dengan menggunakan lembar kajian. Sebagai sumber informasi adalah guru dan kepala sekolah. Data kualitatif adalah yang dikumpulkan dengan menggunakan tiga pendekatan, yaitu pengamatan dan wawancara, dan dokumentasi. Dapatan kajian digunakan sebagai data empiris tentang kondisi riil tentang program, pelaksanaan, dan evaluasi program berbasis K.13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan program pembelajaran berbasis K.13 berada pada kategori “baik”, (2) gambaran penerapan program berbasis  K.13 bervariasi, yaitu masih terdapat beberapa guru menggunakan program pembelajaran dengan buatan KKG, Diknas, dan yang bersumber dari internet. Implementasi kurikulum dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu berkategori “kurang”. (3) Gambaran proses dan hasil belajar penerapan K.13 bagiguru SD, berkategori “kurang”. Dengan demikian disarankan kepada para pengambil kebijakan hendaknya melakukan pembinaan dan pengembangan kearah penyempurnaan dalam pelaksanaan kurikulum tahun 2013.

Keywords


Kajian program; implementasi; evaluasi kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Abd. Haling. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

BSNP. 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

Chamisijatin, L. et al. 2008. Pengembangan Kurikulum SD. Jakarta: Depdiknas Dirjend. Pendidikan Tinggi.

Cresswel, J. W. 2004. Educational research. Second Edition. New Jersay: Pearson Merril Prentice

Johson, R.B. & Onwuegbuzie, A.J. 2004. Mexid method research: a research paradign whose time has come. Educational Researcher 33 (7): 14-26

Kemendikbud. 2013. Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusbang Tendik.

Morgan, D.L. 2007. Paradigms lost and pragtism reganet: methodological Implications of combining qualitative and quantitative method. Journal of Mixed Method Research 1 (1): 48-76

Muhaimin. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama. Jakarta: Rajawali pers.

Mulyasa, E. 2003 Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ornstein, A. C. & Hunkins. F. (2009). Curriculum Foundations, Principles and Issues. Fourth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Republik Indonesia. 2003, Undang-undang nomor 20 tahun 2003, Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Republik Indonesia, 2010, Kebijakan nasional pembangunan karakter bangsa. Jakarta: Kemko kesejahteraan rakyat.

Republik Indonesia, 2010. Disain induk pendidikan karakter. Jakarta: Kemdiknas.

Sudirman, 2012. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di sekolah dasar. Kualalumpur: UKM.

Suhaenah. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Makalah.

Sulo Lipu La Sulo. 1997. Riviu Kurikulum. Ujung Pandang: FIP- IKIP Ujung Pandang.


Article Metrics

Abstract view : 377 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Abd Haling, Abd. Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by