KEBUTUHAN PELATIHAN APRESIASI SENI TARI NUSANTARA DAERAH SETEMPAT PADA GURU SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR

Wahira Wahira(1*),

(1) PGSD FIP UNM
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kebutuhan pelatihan apresiasi seni daerah setempat bagi guru sekolah dasar, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Responden penelitian adalah guru sekolah dasar di Makassar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini, kebutuhan dan keberhasilan pelaksanaan pelatihan dipengaruhi oleh materi pelatihan, program pelatihan, bentuk pelatihan, instruktur pelatihan, sarana & prasarana pelatihan dan CD tari pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kebutuhan akan pelatihan apresiasi seni tari Nusantara daerah setempat  sangat tinggi dan sangat dibutuhkan oleh guru sekolah dasar di Makassar terbukti dari angket kebutuhan yang diberikan kepada guru sekolah dasar sebanyak 30 orang, bentuk kegiatan pembelajaran apresiasi seni tari yang sudah pernah dilakukan oleh guru sekolah dasar kurang baik, dengan rerata skor 2.01, dan jenis bahan ajar apresiasi seni tari yang sudah pernah dilaksanakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dasar juga kurang baik, dengan rerata skor 2,19.

Kata Kunci: pelatihan, apresiasi, seni tari, Nusantara daerah setempat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i2.1416

Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Wahira Wahira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.