PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR

Hasaruddin Hafid(1*),

(1) Prodi PGSD FIP UNM
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang mengarah kepada peningkatan hasil belajar matematika. Subyek siswa sebanyak 32 orang semester I 2012. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan pembelajaran. Data kuantitaf diperoleh melalui tes untuk hasil belajar dan data kualitatif tentang kegitan guru dan siswa melalui lembaran observasi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I skor rata-rata hasil belajar matematika berada pada kategori “cukup” dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar berada pada kategori “baik”. Secara kualitatif terjadi peningkatan motivasi, minat, dan aktivitas siswa, serta kegiatan guru dalam proses pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pecahan siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Makassar.

Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i2.1409

Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Hasaruddin Hafid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.