Pemetaan Kompetensi Kepala SD di Kota Makassar

Ratmawati T(1), Ismail Tolla(2*), Andi Wahed(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12743

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penguasaan dimensi kompetensi kepala sekolah khususnya bagi Kepala Sekolah Dasar di Kota Makassar berdasarkan Standar Kompetensi Kepala Sekolah/madrasah yang meliputi: (1) dimensi kompetensi kepribadian, (2) dimensi kompetensi sosial, (3) dimensi kompetensi manajerial, (4) dimensi kompetensi supervisi, dan (5) dimensi kompetensi kewrausahaan”. Jenis penelitian adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mencari kedudukan, fenomena untuk mngetahui status dengan cara membndingkan dengan standar yang telah ditentukan. Subjek penelitian adalah 153 kepala sekolah SD yang tersebar di lima wilayah kecamatan di Kota Makassar yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes sebagai instrumen utama, dokumentasi, dan observasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis pesentase. Berdasarkan hasil pemetaan kompetensi kepala sekolah dasar pada dimensi kompetensi Hasil analisis data pemetaan dimensi kompetensi kepribadian hanya mencapai 68% berada pada kategori sedang, dimensi kompetensi manajerial mencapai 72% atau berada pada kategori tinggi, demensi kometensi supervise akademik hanya mencapai 61% atau berada pada kategori sedang, dimensi kompetensi kewirausahaan menunjukkan penguasaan 53% atau berada pada kategori rendah dan dimensi kompetensi social mencapai  61% atau berada pada kategori sedang. Dan secara keseluruhan rata-rata penguasaan dimensi kompetensi kepala sekolah dasar dari lima dimensi berada pada pencapaian 65% atau berada pada kategori sedang dan hasil penelitian ini tidak jauh berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh LPPKAS pada tahun 2010.

Keywords


pemetaan kompetensi; kepala sekolah

Full Text:

PDF

References


Achmady, Z. A. (1995). Reformasi Administrasi Dalam Pendidikan: Beberapa Pelaaran Tentang Implementasi Kebijakan. Malang: Universitas Barawijaya.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Boardman, dkk (1961). Democratic supervision in secondary schools. Cambridge: Rever-side Press.

Bryk. A. & Schneider, B. (2002). Trust in Schools. New York, Russel Sage.

Bryk, A, Sebring, P., Karbow, D., Rollow, S., & Easton, J (1998). Carting Chicago School Reform. Boulder, CO, Westview Press.

Danim Sudarwan dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transfosional Kekepalasekolahan, Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Danim, S. (2005). Menjadi komunitas pembelajar, kepemimpinan transformasional dalam komunitas organisasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Day, C., Harris, Alma., Hadfied, M., Toley, H., & Beresford, J. (2000). Leading Schools in Times of Change. Buckingham. UK: Open University Press.

Depdiknas. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

------- (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

------- (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Harris, Alma & Lambert Linda, 2003. Building Leeadership Capacity For School Improvement. Open University Press Maidenhead.Philadelphia.

Hersey, P. dan Ken Blanchard. (1986). Manajemen perilaku organisasi. Jakarta: Erlangga. Pidarta, M. (2004). Manajemen pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud LPPKS 2014, Pelaksanaan Penilaian Potensi Kepemimpinan Calon Kepala Sekolah/Madrasah. Solo: LPPKS.

Keputusan Menteri Pendidkan Nasional Nomor 044U/U/2002 Tentang Acuan Pembentukan Konite Sekolah. Jakarta: Sinar Grafika.

Leith, K., Bauer, S. Riedlinger, B. (2006). Developing ang Sustaining School Principals. In B. Davies (Ed.), Sustaining and Developing Leaders. London Sage.

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia. (2013). Bahan Pembelajaran Diklat Calon Kepala Sekolah. Solo: LPPKS.

McLaughlin, M. & Talbert, J. (2006). Building School-Based Teacher Learning Communities. New York: Teacher College Press.

Newman, F., King, B. & Young, P. (2000, April). Professional Development that Addreses School Capacity. Paper Presented at the annual meeting of the American Education Research Association. New Orleans.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Mendiknas.

Supovitz, J. (2006). The Case For District-Based Reform. Cambrige: Harvard Educational Press.

Stoner, J. A.F dkk. (2000). Manajemen. Jakarta: PT Prenhallindo.

Soetjipto dan Raflis K. (1999). Profesi keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. B. (2004). Manajemen pendidikan di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tolla, Ismail 2010, Peranan Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan. Makalah yang disajikan pada Temu Ilmiah Internasional ISMaPI. Yogjakarta.

-------(2015). Kualitas Leadership Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajmen Sekolah dan Kompensi Guru Dalam Pembelajara. Makalah: Disajikan dalam Seminas Nasional Forum Pascasarjana UPI di Badung.

-------(2010). Manajer Pendidikan di Era Otonoomi Daerah. Makassar: CV. Samudra Alif.

Terry, G. R. (2001). Dasar-dasar manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 283 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Ratmawati, Ismail Tolla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by