Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Intructional Design(MID) terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 Mahasiswa PGSD FIP UNM Makassar

Adnan K(1), Muhammad Amran(2*), Andi Makkasau(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12495

Abstract


Masalah penelitian yaitu apakah terdapat perbedaan yang signifikan Model Pembelajran Meaningful Intructional Design(MID)  Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 Mahasiswa PGSD FIP UNM Makassar?. Penelitian ini, kelas 27 D dan E akan dijadikan sebagai kelompok eksperimen  kelas 27 D dengan jumlah 20 orang Mahasiswa, sedangkan kelas  27 E sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 20 orang Mahasiwa. penelitian ini Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenisquasi eksperiment (ekperimen semu) yang bersifat nonequivalent Control Grup Design. Hasil penelitian Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi  secara signifikan daripada rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajran Meaningful Intructional Design(MID) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 Mahasiswa PGSD FIP UNM Makassar

Keywords


Model Pembelajaran; Meaningful Intructional Design; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arjanggi Ruseno & Suprihatim Titin . 2010. Metode Pembelajaran Tutor Temen Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, Vol: 14 No: 2.

Hindarto, U. Kulsum. 2011. Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 7 (2): 50.

Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru : Kata Pena.

Na’mah Ulin. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif meaningful Instructional Design (c-mid), Makalah. Disajikan Dalam Memenuhi Tugas Mandiri, Cirebon: 22 Maret 2013.

Pribadi, Benny A. 2011. Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Utami Ratini Kade Ni, dkk. 2014. Pengaruh Model Meaningfull Instructional Desain Bermuatan Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Negeri 1 Renon. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol: 2 No: 1.

Wisudawati, Asih Widi & Eka Sulistyowati. 2014. Metodolgi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 389 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Adnan K, Muhammad Amran, Andi Makkasau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by