Implementasi Integrated Learning Berbasis Saintifik-Religius Bagi Guru Madrasah di Kota Malang
(1) Jurusan Administrasi Pendidikan-FIP UM
(2) Jurusan Administrasi Pendidikan-FIP UM
(3) Jurusan Administrasi Pendidikan-FIP UM
(4) Fakultas Teknik-UM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11215
Abstract
Sekolah berjenis madrasah di dalamnya terdapat dua macam kurikulum umum dan agama sementara jumlah jam pelajaran terbatas. Perlu pemahaman guru di madrasah dalam memahami bagaimana memadukan muatan kurikulum dengan kurikulum berbasis agama dalam aktivitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan membantu guru di madrasah agar dapat memilih strategi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru madrasah agar memiliki keterampilan tentang integrated learning dan mengimplementasikannya dengan mengintegrasikan sejumlah matapelajaran yang berbasis saintifik dan religious. Metode pengabdian adalah workshop yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru. Pelatihan melibatkan 30 orang guru di dua madrasah tsanawiyah di Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan dilakukan melalui empat tahap yaitu refleksi dan persiapan, sosialisasi materi, workshop, dan peer teaching. Hasil kegiatan pengabdian adalah pemahaman guru tentang integrated learning masih rendah. Beberapa matapelajaran dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran connected dan threaded. Dua di antaranya (Akidah Akhlak yang bermuatan religious dan IPA yang bermuatan saintifik) dipilih sebagai contoh penerapan integrated learning oleh peserta dalam peer teaching.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimarco, N., Reid, F., dan Sheehan, D. 1992. Active Learning: Practical Ideas for Integrating the Curriculum. Melbourne: Oxford University Press Australia.
Akbar, S. 2018. Pembelajaran Tematik. Malang: UM Press
Akbar, S., Enrika, K., Hafi, D. Dwiharini, DM., dan Wulandari, D. 2015. Pembelajaran Tematik: Konsep Dasar, Perancangan Perangkat, dan Implementasinya. Malang: UM Press.
Fogarty, R. 1993. The Mindfull School: How to Integrate the Cuccicula”. Hawker Brownlow: Skylight Publishing, Inc.
Kemendikbud. 2018. Data tentang Madrasah.
http://referensi.data.kemdikbud.go.id, http://dapo.dikdasmen. kemdikbud.go.id (Diakses 6 Januari 2018).
Kovalik, S., & Olsen, K. 1994. ITI: The model. integrated thematic instruction. Books for Educators, Covington Square, 17051 SE 272nd Street, Suite 18, Kent, WA 98042.
Jonassen, D. H. 2003. Learpning to solving: an instructional design guide. San Francisco: Pfeiffer.
Reigeluth, C.M & Chellman, A.C. 2009. Instructional-Design Theories and Models Volume III, Building a Common Knowledge Base. Taylor & Francis. New York.
Tafsir Ibn Katsir1/335. (https://muslim.or.id/2067-kaffah-dalam-beragama.html).
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu: Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Ulfatin, N. dan Mukhadis, A. 2015. Pengembangan Nilai-nilai Life Skills siswa melalui “Buddy School System” untuk
Ulfatin, N . 2016. Pengembangan Kurikulum Belajar dan Berkarya. Malang: UM Press.
Ulfatin, N dan Mukhadis, A. 2018. Integrated Learning Berbasis Karya Kehidupan. Malang: UM Press.
Article Metrics
Abstract view : 503 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nurul Ulfatin Ulfatin, Maisyaroh Maisyaroh, Djum Djum Noor Benty, Amat Mukhadis Mukhadis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by