Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10851
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aquami. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Paradigma Palembang. Istinbath, Vol. 14 (16), 45–69.
Aspari. (2016). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa pada Masyarakat Modern. Bogor: Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Azis, A. L. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Pesertas Didik Kelas X di SMKN 4 Makassar. Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning. Jurnal Penyuluhan, Vol. 14 (1), 42–51.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 (2), 172–182.
Fitri, S. (2017). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 1 (2), 118–123.
Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi, Vol. 2 (1), 91–106.
Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Koni, S. M. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4 (2), 37–43.
Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Perspektif, Vol. 16 (1), 62–67.
Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, Vol. 25 (1), 36 – 44.
Oktavia, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tehadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs N 6 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.
Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PINUS, Vol. 4 (1), 54–59.
Rasyidah, D. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Jenis-jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI SIiswa Kelas VIII di SMPN 3 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.
Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20 (2), 154–161.
Rohani, A. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Siam, K. N., Ason, Y., & Tirsa, A. (2015). Penggunaan media Nyata untuk Meningkatkan motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 (2), 166–174.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Survei APJII. (2017). Laporan Survei APJII 2017. Retrieved March 27, 2019, from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf
Survei APJII. (2019). Hasil Survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [Http]. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 (2), 103–114.
Triastuti, E., Prabowo, D. A. I., & Nurul, A. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja. Depok: PUSKAKOM.
Undang-undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (2016). Retrieved March 25, 2019, from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/4761/UU%2019%20Tahun%202016.pdf
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 7006 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Muhammad Irfan, Siti Nursiah, Andi Nilam Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by