Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Muhammad Irfan(1*), Siti Nursiah(2), Andi Nilam Rahayu(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10851

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh penggunaan media sosial (medsos) secara positif terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan media sosial secara positif terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rapocini Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial secara positif terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian causal comparative research dengan teknik purpossive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V dengan jumlah siswa sekitar 51 orang pada SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis statistik penggunaan  media sosial berada pada kategori tinggi sedangkan motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media sosial secara positif terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Keywords


Media Sosial; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Aquami. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Paradigma Palembang. Istinbath, Vol. 14 (16), 45–69.

Aspari. (2016). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa pada Masyarakat Modern. Bogor: Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Azis, A. L. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Pesertas Didik Kelas X di SMKN 4 Makassar. Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning. Jurnal Penyuluhan, Vol. 14 (1), 42–51.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 (2), 172–182.

Fitri, S. (2017). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 1 (2), 118–123.

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi, Vol. 2 (1), 91–106.

Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Koni, S. M. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4 (2), 37–43.

Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Perspektif, Vol. 16 (1), 62–67.

Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, Vol. 25 (1), 36 – 44.

Oktavia, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tehadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs N 6 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.

Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PINUS, Vol. 4 (1), 54–59.

Rasyidah, D. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Jenis-jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI SIiswa Kelas VIII di SMPN 3 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.

Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20 (2), 154–161.

Rohani, A. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Siam, K. N., Ason, Y., & Tirsa, A. (2015). Penggunaan media Nyata untuk Meningkatkan motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 (2), 166–174.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Survei APJII. (2017). Laporan Survei APJII 2017. Retrieved March 27, 2019, from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf

Survei APJII. (2019). Hasil Survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [Http]. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 (2), 103–114.

Triastuti, E., Prabowo, D. A. I., & Nurul, A. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja. Depok: PUSKAKOM.

Undang-undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (2016). Retrieved March 25, 2019, from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/4761/UU%2019%20Tahun%202016.pdf

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Muhammad Irfan, Siti Nursiah, Andi Nilam Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.