Pengaruh Model Pembelajaran ABC Games Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Biro PaluPengaruh Model Pembelajaran ABC Games Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Biro Palu

Azizah Thalib(1*), Shalehuddin Shalehuddin(2), Yun Ratna Lagandesa(3),

(1) Universitas Tadulako
(2) Universitas Tadulako
(3) Universitas Tadulako
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10433

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ABC Games terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Biro Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design (eksperimen semu) bentuk nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Biro Palu. Sampel ini diklasifikasi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukan bahwa nilai sign. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini berarti bahwa H­o yang berbunyi Model pembelajaran ABC Games berpengaruh positif terhadap nilai keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IV SDN Biro Palu dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran ABC Games berpengaruh positif terhadap nilai keterampilan berpikir kritis siswa. Artinya penggunakan model pembelajaran ABC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Keywords


Model Pembelajaran ABC Games, Keterampilan Berpikir Kritis, Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Agusman. (2016). Desain Model Pembelajaran Matematika yang Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Aqib, Z. (2017). Model-model dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Aslan, S. (2018). The Relationship Between Critical Thinking Skills and Democratic Attitudes of 4th Class Primary School Students. International Journal of Progressive Education, 14(6), 61–69. https://doi.org/10.29329/ijpe.2018.179.5

Crawford, A., Saul, W., Mathews, S. R., & Makinster, J. (2005). Teaching And Learning Strategies For The Thinking Classroom. New York: The International Debate Education Association.

Fadila, A. N., & Slameto. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning berbasis Critical Thinking. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(3), 201–205.

Kemendikbud. Peraturan Perintah N0 65 Tahun 2013.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nasir, M. A. D., & Buhaerah. (2017). Model pembelajaran berpikir kritis yang terintegrasi nilai-nilai Islam. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islam, 1(1).

Rofiah, E., Aminah, S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. 1(2), 17–22.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thapaliya, M. P. (2013). Teaching Short Story through Critical Thinking (CT) Strategies. Journal of NELTA, 17(1–2), 93–103. https://doi.org/10.3126/nelta.v17i1-2.8101

Zuchdi, D., Zuhdan, K. P., & Muhsinatun, S. (2013). Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Multi Persindo.


Article Metrics

Abstract view : 725 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Azizah Thalib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by