Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar

Yalvema Miaz(1*), Zuardi Zuardi(2), Rafhi Febryan Putera(3),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10395

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan guru  sekolah dasar dalam menulis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih guru mengembangkan keterampilan guru dalam menulis penelitian tindakan kelas. Metode pengabdian ini menggunakan metode seminar dan pelatihan. Hasil pengabdian ini adalah guru mampu menulis penelitian tindakan kelas sesuai dengan baik. Implikasi pengabdian ini adalah sebagai acuan oleh praktisi pendidikan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menulis penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References


Dewi, L., & Suhardini, A. D. (2014). Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan paikem (pelatihan pada guru MI dan MTS di Kabupaten Cianjur). Edutech, 13(1), 409-419.

Fenia, S. Z. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Pelatihan Dosen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Pada Sekolah Tinggi X Di Sumatera Barat. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 3(1), 76-83.

Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan konteks peningkatan mutu pendidikan. CIVIS, 2(2), 1-10.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Jogjakarta: Deepublish.

Hasanah, D. S., Fattah, N., & Prihatin, E. (2010). Pengaruh pendidikan Latihan (DIKLAT) Kepemimpinan Guru Dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 85-96.

Irwandi, I. (2016). Profesionalisme Dan Sertifikasi Guru Di Era Reformasi Pendidikan. Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1-10.

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 107-121.

Pramswari, L. P. (2016). Persepsi Guru SD Terhadap Penelitian Tindakan Kelas. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 53-68.

Rahmawati, S. (2015). Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru di SMK Negeri 3 Palu. Katalogis, 3(12), 67-75

Sani, R. A. (2012). Meningkatkan profesionalisme guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Yalvema Miaz, Zuardi Zuardi, Rafhi Febryan Putera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.