Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Literasi dalam Mewujudkan Kepedulian Pendidikan di Sidey Kabupaten Manokwari Papua Barat

Irfan Yusuf(1*), Sri Wahyu Widyaningsih(2),

(1) Universitas Papua
(2) Universitas Papua
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10107

Abstract


Distrik Sidey Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat merupakan salah satu Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN). Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yaitu pada umumnya berpendidikan rendah dan buta aksara serta memiliki pendapatan yang rendah. Kemampuan literasi dasar seperti membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) masih sangat kurang dan tidak mampu memberikan pendidikan dan motivasi kepada anak-anak mereka untuk sekolah. Motivasi anak-anak untuk sekolah sangat kurang serta sebagian besar anak-anak usia sekolah belum menempuh pendidikan sekolah dasar. Upaya mengatasi permasalahan tersebut yaitu memberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan. Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) menjadi wadah dalam upaya pembinaan masyarakat melalui program-program pendidikan yang diadakan. Masyarakat diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya pendidikan dan meningkatnya motivasi anak-anak untuk sekolah. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut yaitu pendekatan persuasif dan gotong-royong dengan turut berbaur bersama masyarakat. Pelaksanaan kegiatan KKN PPM berupa sosialisasi pendidikan, pengajaran Calistung, pengadaan taman baca, nonton film tema pendidikan, dan kegiatan cerdas cermat. Kegiatan tersebut memberikan respon positif bagi masyarakat terhadap pentingnya pendidikan. Hasil analisis angket yang diberikan diperoleh bahwa sebagian masyarakat setuju terhadap pelaksanaan KKN PPM dan menyadari bahwa pendidikan sangat penting terutama bagi anak-anak usia sekolah untuk dapat terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Keywords


Pendidikan, Buta Aksara, dan Literasi

Full Text:

PDF

References


Afriana, J. (2015). Penggunaan Alat Peraga Sederhana SISI MISTIS dalam Pembelajaran Listrik Statis. JRKPF UAD, 2(2), 42–45.

Alagumalai, S., Curtis, D. D., & Hungi, N. (2005). Applied Rasch Measurement : a Book of Exemplars Education in the Asia-Pacific Region : Issues , Concerns and Prospects.

Amin, M., Mujasam, & Widyaningsih, S. W. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Learning Tournament terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri II Manokwari Papua Barat. Berkala Fisika Indonesia, 7(2), 28–38.

Badan Pusat Statistik. (2018). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2017. Berita Resmi Statistik. https://doi.org/4102002

Badan Pusat Statistik Kabupaten Manokwari. (2017a). Distrik Sidey dalam Angka 2017. Manokwari: Kreatifo.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Manokwari. (2017b). Kabupaten Manokwari dalam Angka 2017. Manokwari: Kreatifo.

Berger, E. H., & Riojas-Cortez, M. (1995). Parents as partners in education: Families and schools working together. Englewood Cliffs, NJ: Merrill.

Chan, S. (2010). Applications of andragogy in multi-disciplined teaching and learning. Journal of Adult Education, 39(2), 25–35.

Eprilia, U. H., & Prasetyarini, A. (2011). Implementasi Metode Pembelajaran Calistung Permulaan bagi Anak Play Group Aisyiah di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 12(2), 126–136.

Galura, I. A., Mujasam, & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Yapis Manokwari. Pancaran Pendidikan, 5(2), 103–118. https://doi.org/10.1111/j.1365-2486.2005.01041.x

Henschke, J. A. (2011). Considerations regarding the future of andragogy. Adult Learning, 22(1), 34–37.

Holland, S. (2000). The assessment relationship: Interactions between social workers and parents in child protection assessments. British Journal of Social Work, 30(2), 149–163.

Kadriani, & Harudu, L. (2017). Persepsi Masyarakat Nelayan tentang Pentingnya Pendidikan Formal di Desa Jawi-Jawi Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(1), 1–16.

Karsidi, R. (2007). Pemberdayaan masyarakat untuk usaha kecil dan mikro (Pengalaman Empiris di Wilayah Surakarta Jawa tengah). Jurnal Penyuluhan, 3(2).

Karyadi, Sinon, I. L. S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Correlation Analysis between External Factors and Students ’ Physics Learning Achievement. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 42–54.

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291–319. Retrieved from http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/295

Listiawati, N. (2010). Kondisi Lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Tangerang dan Bandung dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 13–24. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.427

Muzakky, A. M., & Purnama, S. (2018). Implementasi Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, dan Menghitung) melalui Bermain di RA Muslimat NU Congkrang 2 Muntilan, Magelang. JISEC (Journal Of Islamic Studies for Early Childhood), 1(1), 31–47.

Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Pramudia, J. R. (2006). Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 29–38.

Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Ponorogo: FKIP Universitas Muhammadiyah.

Purwahida, R. (2018). Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 127–137.

Siregar, E. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 173–186.

Sitanggang, R. R., & Nuriyanti. (2019). Melatih Kemandirian Anak Melalui Rutinitas Sehari-Hari. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 141–146.

Suliyati, Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1), 11–22.

Sumardi, K. (2009). Pendidikan Keaksaraan Dasar Melalui Metode Kombinasi Bagi Wanita Miskin dan Tuna Aksara di Pedesaan Indonesia. EDUCATIONIST, III(1), 59–68.

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–11.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2015). Penerapan Quantum Learning Berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Panrita, 10(3), 680–693.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2018). Project Based Learning Model Based on Simple Teaching Tools and Critical Thinking Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 1(1), 12–21.

Yessi, A., & Wijayanti, W. (2016). Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Sebagai Upaya Pemberantasan Buta Aksara Warga Dusun Setro Desa Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. E-DIMAS, 7(1), 15–26.

Yuniwati, & Rohmiyati, Y. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak di Taman Bacaan Masyarakat “Mortir” Banyumanik-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–10.

Yusri, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra, 12(1), 25–52.

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pembelajaran PBL Berbantuan Lab-Vir Melalui Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, VI(2), 117–127.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Irfan Yusuf, Sri Wahyu Widyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.