Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Alat dan Mesin Pertanian Peserta Didik Kelas X ATP SMKN 6 Takalar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v6i1.9746
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran alat dan mesin pertanian kelas X ATP SMKN 6 Takalar. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X ATP SMKN 6 Takalar tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 17 orang yang dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan penerapam model Problem Based Learning berhasil meningkatkan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran alat dan mesin pertanian. Berdasarkan analisis kualitatif yang didapatkan dari lembar observasi keaktifan peserta didik menunjukkan menunjukkan aktifitas peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Sedangkan analisis kuantitatif menunjukkan ketuntasan belajar klasikal pada tes awal yaitu 5,89%, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 58,82% sehingga ketuntasan secara klasikal menjadi 64,71% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 37,30% sehingga ketuntasan secara klasikal menjadi 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusprianti. Muh. Rais, Amirah M. 2018. Model Cooperative Learning Type Complex Instruction (Ci) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas Xi Atph Smk Negeri 4 Luwu. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 4 (2018) : S132-S141
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, Imam. 2013. Metode penelitian Kualitatif : Teori dan prakitik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim. 2012. Seri Pembelajaran Inovatif Konsep, Miskonsepsi Dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa Univrsity Press.
Nurmila, Husain, Nurmila. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura Smk Negeri 2 Soppeng. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 3 (2017) : S211-S220
Rusman. 2011.Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali press.
Saraswati. Muh. Rais, Lahming. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Ts- Ts) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Tphp) Kelas X Smk Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 4 (2018) : S184-S195
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Pt. Prestasi Pustaka.
Trianto. 2013. Model pembelajaran Terpadu, konsep, strategidan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Zaky, A., Muh. Rais, Nurmila. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange Dalam Meningkatkan Hasil Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran Pemupukan Di Smkn 4 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 4 (2018) : S142-S149
Article Metrics
Abstract view : 383 times | PDF view : 68 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher Address :
Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar
Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp
INDEXED BY :
This journal is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License.