Analisis Air, Substrat Tanah dan Cemaran Logam Berat Timbal (Pb) dan Cadmium (Cd) Pada Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Pada Waduk Tunggu Pampang Kelurahan Bitoa, Kota Makassar

Selmi Selmi(1*), Wiharto Wiharto(2), Patang Patang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v5i2.9626

Abstract


Waduk Tunggu Pampang merupakan salah satu waduk di kota Makassar yang dijadikan oleh beberapa kalangan masyarakat sebagai tempat menangkap ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air waduk, substrat tanah serta mengetahui ada tidaknya cemaran logam timbal(Pb) dan cadmium(Cd) pada ikan yang berasal dari waduk tunggu pampang. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Pengujian air, tanah dan ikan dilakukan di BBIHP Makasaar dengan parameter amonia, nitrit, DO, Ph (tanah), komposisi tanah (pasir,debu,liat), Pb, Cd. Luas waduk tunggu pampang adalah 2,95 km. Hasil penelitian menunjukan kualitas air waduk tunggu pampang dalam kondisi yang baik jika dilihat dari parameter suhu,pH, DO, amonia, dan nitirit karena masih berada dikisaran baku mutu air menurut PP RI No. 82 tahun 2001 kelas III. Air,tanah dan ikan yang berasal dari waduk tunggu pampang telah mengandung cemaran logam berat Pb dan Cd. Hasil penelitian air waduk menunjukan konsentrasi nilai logam berat Pb dan Cd sangat jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan menurut PP RI No. 82 tahun 2001 sehingga masih dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya. Kandungan logam berat Pb dan Cd pada ikan nila masih jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan berdasarkan SNI 2729:2013 untuk ikan segar. Jadi ikan yang diperoleh dari waduk tunggu pampang masih aman untuk dikonsumsi.


Keywords


Kata Kunci : Kualitas Air,substrat tanah, waduk, Timbal, cadmium.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alfia, A., A., N., Patang dan Ernawati S.,K. 2019. Pengaruh Eutrofikasi Terhadap Kualitas Air di sungai Jeneberang. Jurnal. Pendidikan Teknoligi Pertanian. Vol 5. : 9-23.

Asrini N., K.2017. Studi Analisis Kualitas Air di Daerah Aliran Sungai Pakerisan Profinsi Bali. Jurnal. Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung. Fakultas Pertanian: Unuversitas Undayana.

Aswadi, M. 2006, Pemodelan Fluktuasi Nitrogen (Nitrit) Pada Aliran Sungai Palu. Jurnal SMARTek, Vol. 4 No.2 Mei. 2006.

Atira D., Ridwan M. P., dan Deni E. 2014. Analisis Perut Trichogaster pectoralis. Skripsi. Riau : Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Uneversitas Riau.

Devy L. 2017. Baku Mutu Tanah. Skripsi. Jurusan Perikanan Dan Kelautan. Universitas Negeri Semarang.

Dwiyitno., Nugroho A., dan Ninoek I. 2008. Residu Logam Berat pada Ikan dan Kualitas Lingkungan Perairan Muara Sungai Barito Kalimantan Selatan. Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Vol. 3 No. 2.

Mahyudin dan Soemarno. 2015. Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Metro di Kota Kepanjen Kabupaten Malang. J-PAL, Vol. 6, No. 2.

Mia A., dan Mira H. 2015. Analisis Kadar Amonia (NH3) Dalam Air Sungai Cileungsi. Skripsi. Program studi biologi FMIPA.Universitas Nusa Bangsa Bogor.

Palar, Heryando. 2012. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Penerbit Rineka Cipta : Jakarta.

Prawitosari, T., Idris., dan Ismail. 2011. Evaluasi Kapasitas Tampung Waduk Tunggu Pampang Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Pertanian : Universitas Hasanuddin.

Patang. 2014. Use Of antibiotic and probiotic controlling water quality, growth and survival of shrimp larvae penaeus monodon fabricus. Asian Jr.Of Microbiol.Biotech.Env. Sc. Vol. 16, No. (2) : 2014 : 241-245.

Rolinsa R., D. 2014. Uji Kadar Merkuri Pada Beberapa Jenis Ikan Diperairan Laut Sulawesi. Tesis. Gorontalo: Program Studi Kesehatan Masyarakat Peminatan Kesehatan Lingkungan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolagragaan Universitas Negeri Gorontalo.

Wanna, M., S. Yanto, dan Kadirman. 2017. Analisis Kualitas Air dan Cemaran Logam berat Merkuri (Hg) dan Timbal (Pb) pada Ikan di Kanal Daerah Hertasning Kota Makassar. Jurnal. Pendidkan Teknologi Pertanian. Vol.3. September Suplemen : S197-210.


Article Metrics

Abstract view : 1602 times | PDF view : 355 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian



Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.