Rancang Bangun Mesin Sortasi Buah Jeruk Manis Berdasarkan Warna Berbasis Arduino Nano

Irwan Iwan(1*), Lahming Lahming(2), Jamaluddin Jamaluddin(3), Nunik Lestari(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i1.19297

Abstract


Proses sortasi buah jeruk pada tingkat petani dan industri saat ini masih dilakukan secara manual oleh tangan manusia. Sortasi dengan cara ini memiliki beberapa kekurangan, sehingga dibutuhkan bantuan mesin sortasi untuk menjawab kekurangan-kekurangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bangun mesin sortasi buah jeruk manis berdasarkan perbedaan warna yang berbasis Arduino Nano. Mesin sortasi ini dirancang menggunakan sensor warna Tcs 230 yang dikontrol oleh mikrokontroler Arduino Nano berbasis chip ATmega 328p, dan dilengkapi dengan LCD untuk menampilkan keterangan hasil sortasi. Penelitian ini menggunakan sampel buah jeruk manis dengan warna bervariasi antara hijau hingga kuning. Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan sortasi warna sebesar 80%, sedangkan 20% buah gagal disortasi berdasarkan warnanya. Kegagalan tersebut disebabkan oleh warna pada buah yang sangat beragam sehingga sensor warna tidak dapat mendeteksi/menentukan warna buah tersebut, akibat nilai RGB yang tidak diprogramkan dalam mikrokontroler. Hal lain yang menjadi penyebab tidak efektifnya kerja mesin sortasi adalah karena jarak buah dengan sensor warna kurang diatur dengan baik sehingga sensor tidak fokus, dan menyebabkan cahaya yang keluar-masuk serta ketidaktepatan posisi buah akan mempengaruhi  akurasi hasil identifikasi pembacaan warna buah.

Keywords


arduino nano; jeruk; sortasi; sensor; warna

Full Text:

PDF

References


Arbye, S., & Setiyono, B. 2014. Pengendalian pada protoype konveyor pemisah barang berdasarkan warna menggunakan sensor dt-sense color dengan contoller atmega 16 dan plc omron cpm1-a. Transmisi. 16(2): 86-91.

Direktorat Jenderal Hortikultura. 2012. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). Kementerian Pertanian. Jakarta.

Handoko, D. D., Napitupulu, B., & Sembiring, H. 2000. Penanganan pasca panen buah jeruk. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pascapanen untuk Pengembangan Industri Berbasis Pertanian. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian.

Mikasari, W., Ivanti, L., & Hidayat, T. 2015. Kajian penerapan teknologi pascapanen jeruk rgl melalui optimasi pencucian dan penyimpanan. Hasil Penelitian Pengkajian Pengembangan dan Penerapan Inovasi Teknologi Pertanian BPTP. Bengkulu.

Pramanta, F. D., L. W. Susilo, & M. R. Fahmi. 2017. Sistem cerdas penyortir apel berdasarkan warna dan ukuran berbasis mikrokontroler arduino. Prosiding SENTRINOV. 2017. 3: 216-224.

Santoso, A. B., Abid, M., & Juradi, M. A. 2016. Upaya Perbaikan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Dari Buah Jeruk. Prosiding Seminar Nasional Mewujudkan Kedaulatan Pangan pada Lahan Sub Optimal Melalui Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi. 509-515.

Sudjatha, W., & Wisaniyasa, N. W. 2017. Fisiologi dan Teknologi Pascapanen (Buah dan Sayuran). Bali: Udayana University Press.

Yultrisna & Syofian, A. 2016. Rancang bangun alat sortasi otomatis untuk buah tomat. Jurnal Teknik Elektro ITP. 5(2252):153–159.


Article Metrics

Abstract view : 757 times | PDF view : 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.