Perancangan Sistem Pengendali Kemudi Otomatis Traktor Roda Dua dengan Penerapan FPV (First Person View)

Winda Kamal(1), Husain Syam(2), Jamaluddin Jamaluddin(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v7i2.19057

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian modifikasi atau rakayasa yang menentukan dan berjalan tanpa kendali sistem pengendali kemudi otomatis traktor roda dua dengan penerapan FPV ( First Person View ) yang dapat memudahkan petani dalam penggunaan roda traktor tanpa mengikuti traktor yang berjalan. Proses pengujian dalam penelitian ini termasuk pengujian efisiensi kerja, efisiensi apang, simpangan traktor pada lintasan lurus dan kedalaman hasil bajakan traktor. Hasil dari penelitian ini memiliki dua aspek penting, yaitu deskripsi produk yang dihasilkan dan hasil pengujian. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yang dimulai dari rangka pembuatan finalisasi.Pada hasil uji coba diperoleh data efisiensi lapang sebesar 78%, efisiensi kerja sebesar 75%, lebar simpangan maksimal traktor 38-54 cm, serta kedalaman hasil bajakan traktor sebesat 10 cm, 17 cm dan 20 cm.


Keywords


Traktor Roda Dua, Remote Kontrol, FPV (First Person View).

Full Text:

PDF

References


Butar, I. Y., Lukman, A. H., dan Saipul, B.D. 2015 Efisiensi Lapang dan Biaya Produksi Beberapa Alat Pengolahan Tanah Sawah di Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian. Volume 3. Nomor 3. Tahun 2015.

Indria, A. T. 2005. Pengaruh Sistem Pengolahan Tanah Dan Pemberian Macam Bahan Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Skripsi. Universitas sebelas maret: Surakarta.

Mardinata, Z., dan Zulkifili. 2014. Analisis Kapasitas Kerja Dan Kebutuhan Bahan Bakar Traktor Tangan Berdasarkan Variasi Pola Pengolahan Tanah, Kedalaman Pembajakan Dan Kecepatan Kerja. Jurnal Agritech. Volume 34. Nomor. 3

Murti, U.Y., Iqbal.,dan Daniel. 2016. Uji Kinerja dan Analisis Biaya Traktor Roda 4 Model AT6504 dengan Bajak iring (Disk Plow) dengan Pengolahan Tanah. Jurnal AgriTechno. Volume 9. Nomor 1.

Nugraha, D. W. A. 2019. Desain Kendali Remote Control Untuk Setir Traktor Tangan Berbasis Aplikasi Bluetooth Android. Skripsi. Universitas lampung: Bandar lampung.

Purta, A. M. 2013. Laporan Praktikum mekanisasi Pertanian. Universitas Mercu Buana: Yogyakarta.

Rahman, M. N. 2014. Modifikasi Nosel pada Sistem Penyemprotan unttuk Pengendalian Gulma Mengguunakan Sprayer Gendong Elektrik. Jurnal Keteknikan Pertanian. Volume 2. No.1

Salim, T. I., Yurixa, S.P., dan Augie, W. 2020. Simulasi Kontrol Penjejak Lintasan pada Traktor Roda Dua untuk Lintasan Multi Segmen. Jurnal Otomotif Kontrol Instalasi. Volume 12. Nomor 1. ISSN: 2085-2517, e-ISSN: 2460-6340.

Sudiksa, I. G. Y. 2016. Hilangnya Budaya Membajak Sawah Dengan Menggunakan Sapi Akibat Perkembangan Teknologi Traktor. Jurnal Media Komunikasi FPIPS. Volume 15. Nomor. 2. Halaman 46-50.

Sulnawati, E. Sirajuddin, H. A., dan Asih, P. 2016. Analisis Teknis dan Kajian Ergonomika Berdasarkan Antropometri pada Penggunaan Traktor Tangan untuk Lahan Sawah. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem. Volume 4. Nomor 2.

Suranny, L. 2014. Alat Pertanian Tradisional Sebagai Warisan Kekayaan Budaya Bangsa. Jurnal Arkeologi Papua. Volume 6. Nomor 1.


Article Metrics

Abstract view : 1075 times | PDF view : 712 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Winda Kamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.