Modifikasi Alat Penyiram Elektrik Berbasis Mikrokontroler

Andi Muh. Saldan(1), Ratnawaty Fadilah(2), Jamaluddin Jamaluddin(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v7i2.19056

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian modifikasi atau rekayasa yang bertujuan untuk memodifikasi alat penyiram (sprayer) elektrik berbasis mikrokontroler yang lebih efesien digunakan oleh petani dalam menyiram tanaman. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif, sehingga pengujian pada penelitian ini hanya terbatas pada uji alat, sehingga data yang disajikan dalam penelitian ini adalah bentuk data rasio yang diperoleh dari hasil uji coba. Proses pembuatan alat terdiri dari 3 tahapan diantaranya pembuatan komponen mekanik, komponen sistem kontrol dan tahap finalisasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa alat penyiram (sprayer) elektrik berbasis mikrokontroler yang dimodifikasi berfungsi dengan baik. Tangki sprayer yang berkapasitas 16 liter mampu dioperasikan dalam waktu 8 menit. Ketinggian semprotan sangat berpengaruh terhadap lebar kerja hasil semprotan. Selain ketinggian, besaran tekanan air yang dipengaruhi oleh volume air juga sangat berpengaruh terhadap lebar kerja hasil semprotan.


Keywords


sprayer, mikrokontroler, semprotan

Full Text:

PDF

References


Hanum, C. 2008. Teknik Budidaya Tanaman Jilid 1. Jakarta: Buku Sekolah Elektronik.

Prabaningrum, Laksminiwati. 2017. Pengaruh Arah Pergerakan Nozzle Dalam Penyemprotan PestisidaTerhadap Liputan dan Distribusi Butiran Semprot dan Efikasi Pestisida pada Tanaman Kentang. Balai Penelitian Tanaman Sayuran: Bandung Barat.

Rahman, M. N. dan Yamin, Mad. 2014. Modifikasi Nosel pada Sistem Penyemprotan untuk Pengendalian Gulma Menggunakan Sprayer Gendong Elektrik. Jurnal Keteknikan Pertanian. Volume 2. Nomor 1.

Rizal, Muhammad et al. 2016. Desain dan Pengujian Prototype Sistem Control Mesin Sprayer Dosis Variabel untuk Aplikasi Penyemprotan Pertanian Presisi. Jurnal Keteknikan Pertanian. Volume 4. Nomor 2.

Safitri, Islamiani. 2013. Perangkat Pembelajaran Fluida Statik dan Dinamik Berupa Power point, Video dan Modul Eksperimen. Proyek akhir Magister, Institut Teknologi Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 601 times | PDF view : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Muh. Muh. Saldan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.