Rancang Bangun Alat Pencuci Wortel (Daucus Carota L.)

Faisal Sahruddin(1*), Andi Sukainah(2), Jamaluddin Jamaluddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v6i1.11418

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui kinerja pencuci wortel (Daucus carota L.) yaitu rata-rata penggunaan air dan waktu pada proses pencucian menggunakan alat yang dirancang. Prosedur perancangan pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya membuat desain alat beserta ukurannya, menyiapkan alat dan bahan perakitan dan pengadaan komponen. Uji coba alat dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji fungsional dengan cara mengoperasikan alat pencuci wortel tanpa beban yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua komponen pada alat berfungsi dengan baik, dan uji operasional yaitu mengoperasikan alat pencuci wortel dengan memberi beban wortel jenis chantenay sebanyak 10 Kg yang bertujuan untuk memastikan bahwa alat dapat bekerja secara optimal. Data hasil penelitian yang diperoleh dari pengujian operasional alat pada wortel jenis chantenay sebanyak 30 Kg dengan satu kali pengujian pada setiap 10 Kg wortel. Lama proses pencucian pertama hingga ketiga masing-masing 48 detik, serta total penggunaan air pencucian pertama hingga pencucian ketiga yaitu 90 L.


Keywords


Wortel, Alat Pencuci, Rancang Bangun, Efisien

Full Text:

PDF

References


Arhamsyah, H. Syam, dan Jamaluddin. 2018. Modifikasi mesin penggering dengan memanfaatkan udara panas dari elemen pemanas listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 4 : S196-S208.

Asrianto, Jamaluddin, dan Kadirman. 2018. Modifikasi Mesin Pengering BijiBijian dengan Bahan Bakar Tempurung Kelapa. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 4 : S222-S231.

Amiruddin, C. 2013. Pembuatan Tepung Wortel (Dacus carrota L) dengan Variasi Suhu Pengering. Universitas Hasanuddin. Makassar. (Skripsi)

Mu’minin MA, Caronge MW, dan Kadirman. 2018. Modifikasi Tipe Dorong untuk Memaksimalkan Pembudidayaan Wortel (Daucus carrota). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol 4: S21-S26 UNM, Makassar

Munawwarah. 2017. Analisis Kandungan Zat Gizi Donat Wortel sebagai Alternatif Perbaikan Zat Gizi pada Masyarakat.Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rachmat. M. 2006. Buku Tahunan Hortikultura Seri Tanaman Sayuran Jakarta (ID): Direktorat Budidaya Tanaman Saryuran dan Biofarmaka.


Article Metrics

Abstract view : 879 times | PDF view : 358 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: [email protected]
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.