Penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pembibitan Tanaman Perkebunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kleas XI ATP SMK Negeri 6 Takalar

Arfan Syaban(1*), Husain Syam(2), Hasanah Nur(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v6i2.10909

Abstract


Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pembibitan tanaman perkebunan kelas XI ATP SMK Negeri 6 Takalar. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI ATP SMK Negeri 6 Takalar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 17 orang.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pembibitan tanaman perkebunan. Analisis kuantitatif menunjukkan hasil belajar pada test awal sebesar 5,88%,  pada siklus I  terjadi peningkatan sebesar 66,70% dan  kemudian pada siklus II menjadi 100%.  Hal ini berarti ada peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan.

 

Kata Kunci: Penerapan, hasil belajar, Contextual Teaching and Learning.

 

Abstract

This research is a class action research (Classroom Action Research) which aims to determine the improvement of student learning outcomes in the subjects of plantation plants nursery class XI ATP SMK Negeri 6 Takalar. The research subjects were students of class XI ATP SMK Negeri 6 Takalar in the 2016/2017 school year with a total of 17 peoples. This research was carried out in two cycles and each cycle consisted of 4 meetings. From the results of this study indicate the application of the Contextual Teaching and Learning model can increase the activeness and learning outcomes of students in the subjects of nursery plantations. Quantitative analysis shows learning outcomes at the pre test of 5.88%, in the first cycle an increase of 66.70% and then in the second cycle to 100%. This means that there is a significant increase in student learning outcomes.

 

Keywords: Application, learning outcomes, Contextual Teaching and Learning


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Djojonegoro, Wardiman. 1999. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Balai Pustaka.

Fajaruddin, Andi Rukma, dan Kadirman. 2015. Efektivitas Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Alat dan Mesin Pertanian Kelas X SMK Negeri 6 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian : Universitas Negeri Makassar, Vol. 3

Febrianto, Muh. Rais, dan Nurmila. 2016. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TPHP pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu dalam Proses Pengolahan di SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknoilogi Pertanian : Universitas Negeri Makassar, Vol. 3.

Gandes, Sudiyanto, dan Sukirman. 2015. Penerapan Model Kontekstual Menggunakan Media Word Square Pada Pembelajaran Akuntansi di SMKN 1 Karanganyar. Jurnal “Tata Arta” UNS, Vol. 1, No. 2, hlm. 160-170.

Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muspitasari, Risma, Andi. Muh. Irfan, dan Purnamawati. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran Dasar Pengendalian Mutu Hasil Pertanian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian : Universitas Negeri Makassar, Vol. 2.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan.

Rahmayana, Riska, Kadirman, dan Purnamawati, 2015. Peningkatan Hasil Belajar K3LH Melalaui Penerapan Kuis Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Mare Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian : Universitas Negeri Makassar, Vol 3.

Sumiarto, Bambang. 2010. Teacher Centered Learning and Student Centered Learning. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Trianto. 2008. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Yasri, Andi Ali Imran, Muh. Yahya, dan Darmawang. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alat dan Mesin Pertanian (PTK pada Siwa Kelas XI Penyuluh Pertanian SMK Negeri 2 Walenrang. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian : Universitas Negeri Makassar, Vol. 3


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.