PERANAN PENGASUH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI PANTI ASUHAN RIDHA KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author
Abstract
Peranan Pengasuh Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Anak di Panti Asuhan Ridha Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Penelitian ini mengkaji tentang peranan pengasuh dalam upaya meningkatkan prestasi belajar anak di Panti Asuhan Ridha Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan peranan pengasuh dalam upaya meningkatkan prestasi belajar anak di Panti Asuhan Ridha Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah 6 orang pengasuh dan 10 orang anak sebagai informan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh memiliki peran yang utama dalam peningkatan prestasi belajar anak pada Panti Asuhan Ridha Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang
Full Text:
PDFReferences
Adesanjaya. 2010. Pengertian Prestasi Belajar. Http://www.syafir.com. Diakses tanggal 12 Februari 2019.
Arsyad Heryanty. 2001. Kontribusi Tekonologi Pengajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar PPKn Pada Siswa SLTP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Skripsi. Makassar: FIS UNM
Enre Ambo. 2000. Kontribusi Cara Belajar Kelompok Kecil Terbimbing Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Pada Siswa SLTP Negeri 12 Makassar. Skripsi. Makassar: FIS UNM
Hadikusumo, Kunaryo, dkk. 2000. Pengantar Pendidikan. IKIP Semarang Press. Http://www.dikmenum.go.id. (2 Januari 2007)
Hamalik Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Poerwardarminta. 1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Thalib Syamsul Bachri. 2009. Psikologi Kekerasan Berbasis Analisis Model Persamaan Struktural. Makassar: UNM.
Tahir Sri Ratna. 2009. Kontribusi Pengajaran Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Mudi di Kelas Tinggi Pada Mata Pelajaran PKn di SD Negeri 11 Pasui Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi: Makassar: FIP UNM
Article Metrics
Abstract view : 214 times | PDF view : 58 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Sekretariat Panitia
Ruang Dosen Jurusan PLS FIP UNM
Gedung kantor Fakultas Ilmu Pendidikan
Jl. Tamalate I Tidung Makassar Kampus IV UNM Sektor Tidung
ISBN : 9786025339707