PENGEMBANGAN SOFT SKILLS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN DAN MENGELOLA MASA DEPAN ANAK

Rudi Amir(1*), Syamsul Bakhri Gaffar(2),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak adalah aset bangsa yang harus diberdayakan, tetapi kenyataannya masih banyak anak yang tidak memiliki kemampuan untuk dapat menentukan masa depan mereka, hal tersebut karena mereka tidak memiliki kemampuan merencanakan mengelola masa depan. Anak-anak di daerah kepulauan khusunya lebih banyak berfokus pada kegiatan rutin mereka sebagai anak-anak tanpa ada bimbingan yang memadai dari orang tua. Rata-rata orang tua anak di wilayah kepulauan memiliki tingkat pendidikan yang rendah, sedikit sekali yang sampai pada jenjang perguruan tinggi, itupun mereka yang sudah menempuh pendidikan tinggi pindah kedaerah perkotaan, sehingga yang tinggal di daerah kepulauan hanya berpendidikan peling tinggi pada jenjang SMA. Kondisi tersebut menjadi masalah bagi peran orang tua dalam membantu anak merencanakan masa depan, bahkan sebagian besar dari mereka tidak memikirkan bagaimana masa depan anak-anak mereka da beranggapan kalau anak-anak mereka kelak akan menggantikan pekerjaan mereka sebagai nelayan. Kenyataan seperti inilah yang harus dirubah, anaklah yang sebaiknya memiliki pengetahuan dan kesadaran yang tinggi untuk merencanakan dan mengelola masa depan mereka. Dengan adanya pelatihan soft skill merencanakan dan mengelola masa depan bagi anak di wilayah kepulauan, dapat meningkatkan pengetahuan dan merubah sikap mereka untuk menjadi pelaku utama yang harus merencanakan dan mengelola masa depan yang sesuai dengan yang dicita-citakan.

Full Text:

PDF

References


Anwar. (2004). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life skill education). Bandung : Alfabeta.

Asmani. (2009). “Sekolah Life Skills” Lulus Siap Kerja!. Yogyakarta: DIVA Press.

Depdiknas, (2004). Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill). Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas

Direktorat Jendral Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal, (2002). Penyelenggaraan Dan Tatacara Memperoleh Dana bantuan Operasional Program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 2 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat Panitia

Ruang Dosen Jurusan PLS FIP UNM

Gedung kantor Fakultas Ilmu Pendidikan

Jl. Tamalate I Tidung Makassar Kampus IV UNM Sektor Tidung

ISBN : 9786025339707