KONTRIBUSI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN NONFORMAL ABAD 21 ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Sudadio Sudadio(1*),

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Tidak ada ruang dan waktu yang bebas dari aktivitas manajemen, baik yang menyangkut personal apalagi yang berhubungan dengan institusional, semua membutuhkan aktivitas manajemen, kalau ada yang tidak menggunakan manajemen dalam kehidupan ini, diyakin dunia ini sudah rusak, oleh sebab itu bagi yang membutuhkan suatu keberhasilan sesuai harapan baik aspek proses maupun aspek hasilnya, maka jadikanlah manajemen sebagai suatu yang penting dalam menata dan menggapai kehidupan yang lebih baik serta keberhasilan tanpa maslah.
Penelitian ditulis dalam artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis data selain secara kualitatif, peneliti juga menggunakan statistik deskriptif terhadap data penelitian yang didapat dari sumber data dalam rangka menjawab dan membuktikan fokus masalah penelitian yaitu; “ Kontribusi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Nonformal abad 21 era Revolusi 4.0“. Adapun instrumen yang digunanakan pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai “ human instrumen “, dan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan peneliti mengunakan pedoman observasi, pedoman wawamcara dan angket, yang ditujukan pada sumber data masing-masing lima orang kepala sanggar kegiatan belajar ( SKB ) dan Lima orang ketua pusat kegiatan belajar masyarakat ( PKBM ) dan lima orang tutor paket A paket B dan Paket C di lima SKB dan di ima PKBM Provinsi Banten.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat dinyatakan bahwa, “ Kontribusi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Nonformal abad 21 era Revolusi 4.0“, dapat dinyatakan berkontribusi baik, yaitu rerata menyumbang yaitu; paket A 0,193, Paket B 0,217 dan paket C 0, 199, rerata kontribusi manajemen mutu jasa terpadu dalam meningkatkan mutu pendidikan nonformal adalah 0,203, dengan nilai hasil belajar paket AB dan C 8,13.
Atas dasar ini, sudah saatnya dalam mengelola pendidikan nonformal secara progresif dengan menerapkan prisip-prinsip pendekatan manajemen mutu jasa terpadu, sebab dengan menerapkan model manjemen jasa pada pendidikan nonformal, dengan manajemen mutu jasa terpadu diharapkan produktivitas pendidikan nornformal khususnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan paket, ab dan c. bila produk pendidikan nonformal dapat menghasilkan yang bermutu, diharapkan akan memiliki nilai unggul dan kompetitip dan mampu bersaing serta sekaligus tampil sebagai pemenang dalam setiap persaingan di abad 21 ini


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat Panitia

Ruang Dosen Jurusan PLS FIP UNM

Gedung kantor Fakultas Ilmu Pendidikan

Jl. Tamalate I Tidung Makassar Kampus IV UNM Sektor Tidung

ISBN : 9786025339707