Penerapan Manajemen Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Pada Learning Community Di Perguruan Tinggi

Abdul Rahmat(1*),

(1) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Objek penelitian berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dosen dan mahasiswa serta lembar penilaian aspek kognitif. Hipotesis penelitian jika digunakan model pembelajaran kooperatif metode tutor sebaya pada mata kuliah Dinamika Kelompok di kelas A semester III Tahun Akademik 2018-2019 pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah maka hasil belajar siswa akan meningkat maka hasil belajar mahasiswa akan meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar mahasiswa pada tahap observasi awal hanya 20% setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 34%. Selanjutnya, setelah diberikan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 89.65%. Pembelajaran tutor sebaya adalah pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa, teman sebaya yang lebih pandai memberikan bantuan belajar kepada teman-teman sekelasnya di kampus. Bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami, selain itu dengan teman sebaya tidak ada rasa enggan, rendah diri, dan malu, sehingga mahasiswa yang kurang paham tidak segan-segan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik” Edisi Revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta

Asikin. 2002. “Strategi Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta.

Glasser, C., & Brunstein, J.C. 2007. Improving fourthgrade students’ composition skills: Effects of strategy instruction and self-regulation procedures. Journal of Educational Psychology, 99, 297-310.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hurk, M.V.D. 2017. The relation between selfregulated strategies and individual study time: Prepared participation and achievement in a problem-based curriculum. Active Learning in Higher Education, 7 (2), 155-169.

Kosnin, A.M. 2017. Self regulated learning: An academic ahievement in Malaysian undergraduates. International Education Journal, 8. 221-228.

Martinis, Yamin. 2007 Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Gaung Persada Press, Jakarta.

Muhammad, 2011. Pengertian Tutor Sebaya. http://id.shvoog.com/ 17 Juni 2018.

Mullen, P.A.(2007. Use of self-regulating learning strategies by students in the second and third trimester of an accelerated second-degree baccalaurate nursing program. Journal of Nursing Education, 46, 406-412.

Muntasir, M. Saleh. 1985. Pengajaran Terprogram. Jogjakarta: Karya Anda

Pintrich, P.R., & DeGroot E.V. 2017. Motivational and self-regulated learning component of classroom academic performance. Journal of Education Psychology, 82, 33-40.

Roscoe, R.D., & Chi, M.T.H. 2007. Understanding tutor learning: Knowledge building and knowledgetelling in peer tutors’ explaination and questions. Review of Education Research, 77 (4): 534-574.

Schunk, D., & Zimmerman, B.L. 2003. Self regulation and learning. In Handbook of Psychology, Volume 7, Educational Psychology (Volume Editors: William M. Reynolds & Gloria E. Miller; Editor in Chief: Irving B. Weiner). New Jersey: John Willey & Son, Inc.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Tindakan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta. h.310.

Suherman, E dkk. 2003. “Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer”. Bandung. UPI

Sungur, S., & Tekkaya, C. 2016. Effect of problem based learning and traditional instruction on self regulated learning. The Journal of Education Research, Heldref Publication, 99, 307-317.

Wolters, C.A. 2016. Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology. 95, 179-187.

Yen, N.G., Bakar, K.A., Roslan, S., Luan, W.S., & Rahman, P.Z.M.A. 2005. Predictor of self-regulated learning in Malaysian smart schools. International Education Journal, 6, 343-353.

Young, M.R. 2015. The motivational effects of the classroom environment in facilitating self-regulated learning. Journal of Marketing Education, 27, 25-40.

Zimmerman, B.J. 2008. Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects. American Education Research Journal, 45, 166-183.


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat Panitia

Ruang Dosen Jurusan PLS FIP UNM

Gedung kantor Fakultas Ilmu Pendidikan

Jl. Tamalate I Tidung Makassar Kampus IV UNM Sektor Tidung

ISBN : 9786025339707