PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI TITL 1 DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Aldiansyah Nur Alam(1*), Muhammad Yusuf Mappeasse(2), Darmawang Darmawang(3), Abdul Muis Mappalotteng(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.53192

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan dan minat siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik (ITL) melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) kelas XI TITL-1 di SMK Negeri 5 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 Semester genap Tahun akademik 2021/2021 dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ITL dapat meningkatkan hasil belajar, Minat dan keaktifan siswa kelas XI TITL 1 di SMK Negeri 5 Makassar. Hal tersebut dapat dilihat Berdasarkan hasil pengamatan pada setiap pertemuan, pada siklus I pada 73,54%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,3%. Rata-rata keaktifan belajar siswa per siklus meningkat dari 83% pada siklus I menjadi 90,17% pada siklus II, dimana saat Pre-Test prosentase minat berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa hanya sebesar 67,45 % dan keaktifan hanya sebesar 66,5%. Berdasarkan hasil posttest dan praktik pada siklus I dan siklus II, hasil belajar siswa siklus I menunjukkan rata-rata kelas sebesar 76,38 dan 92,75.

Keywords


Project based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Minat Siswa, Keaktifan Siswa, Instalasi Tenaga Listrik

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2002). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Bahri Djamarah, S. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, H., & Triantoro, A. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Rapor Kurikulum 2013 (Studi Kasus: SMKN 2 Purwokerto). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(1).

NURFADILAH, N. (2022). Implementasi Model Blended Learning Untuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vi Di Sdn 50 Bulu’datu. Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

Parasamya, C. E., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Purwanto, R. (2011). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada Kompetensi sistem koordinasi melalui metode Pembelajaran teaching game team terhadap siswa kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1(1), 1–14.

Sutirman, M. P. (2013). Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 3(2).

Wahyudi, W. E. (2020). Relasi Kurikulum dan Pembelajaran serta Kontekstualisasinya dengan Nilai-Nilai Multikultural. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(2).

Yoni, A., Purwanto, H., & Ambarwati, S. K. (2010). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia.


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License