EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Hilda Ashari(1*), Dyah Vitalocca(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.52438

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pencapaian hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah strategi belajar mengajar Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Desain Penelitian yang dilakukan menggunakan Quasy Experiments, dengan sampel 65 orang mahasiswa. Instrumen diberikan dalam bentuk observasi dan tes. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada mata kuliah strategi belajar mengajar yang menerapkan model pembelajaran tipe Two Stay To Stray (TSTS) dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis Uji T yang diperoleh melalui Independent Sample Test menghasilkan nilai yang signifikan 0,000<0,005. Dari hasil tersebut kemudian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol, sehingga model pembelajaran Two Stay To Stray (TSTS) lebih efektif daripada model konvensional.


Keywords


Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas penggunaan model discovery learning dan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10.

Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252.

Djuramang, R. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay twp stray dan tipe giving question and getting answer terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Jurnal Pendidikan Glasser, 2(1).

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis.

Purwanto, M. (2010). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.

Trianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berinovasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan Teoritis–Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License