PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Wiwi Arianti(1*), Edi Suhardi Rahman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.43455

Abstract


 

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi dari model pengembangan 4–D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik dan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap modul pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Subjek pada penelitian ini melibatkan 44 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Hasil penelitian menghasilkan Modul Pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Hasil validasi dua orang ahli materi dan dua orang ahli media menyatakan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi semua aspek pengembangan dan layak digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik.

 




Keywords


Pengembangan, Modul Pembelajaran, Instalasi Tenaga Listrik.

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.

Daryanto, D. (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati, D. (2003). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta. Gordon Dryden & Jeannette Vos.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model di Taman Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License