IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMKS AMAL IKHLAS

Sandra Lubis(1*), Muhammad Yusuf Mappeasse(2),

(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tambang
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i2.43453

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan tiga siklus dimana setiap siklusnya berlangsung selama 10 hari dengan tahapan kegiatan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) SMKS Amal Ikhlas tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 6 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Pendederan Komoditas Perikanan. Peningkatan keaktifan peserta didik berdasarkan data observasi siklus I dengan rata – rata 2,70 deskripsi cukup baik. Data observasi siklus II dengan rata – rata 3,17 deskripsi baik. Data observasi siklus III dengan rata – rata 3,39 deskripsi baik. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I persentase 50 % belum tuntas, siklus II 66,67 % tuntas dan siklus III 83,33 % tuntas.

Keywords


Model Pembelajaran, PBL, Keaktifan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 1–7.

Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa pada materi biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(01).

Dewina, S., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan menganalisis dan keterampilan berargumentasi siswa pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(2), 54–65.

Downing, K., Ning, F., & Shin, K. (2011). Impact of problem‐based learning on student experience and metacognitive development. Multicultural Education & Technology Journal, 5(1), 55–69.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Naisyah, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X3 Sma Negeri 9 Bulukumba. Jekpend Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. Https://Doi. Org/10.26858/Jekpend. V2i1, 9090.

Pitriani, P., Parenrengi, S., & Tune, I. L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X APAT SMKN 1 Ciasem. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(1).

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ipa pada pembelajaran tematik menggunakan pbl. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. Sebatik, 23(2), 489–497.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License