IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMKS AMAL IKHLAS
(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tambang
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i2.43453
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 1–7.
Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa pada materi biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(01).
Dewina, S., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan menganalisis dan keterampilan berargumentasi siswa pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(2), 54–65.
Downing, K., Ning, F., & Shin, K. (2011). Impact of problem‐based learning on student experience and metacognitive development. Multicultural Education & Technology Journal, 5(1), 55–69.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
Naisyah, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X3 Sma Negeri 9 Bulukumba. Jekpend Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. Https://Doi. Org/10.26858/Jekpend. V2i1, 9090.
Pitriani, P., Parenrengi, S., & Tune, I. L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X APAT SMKN 1 Ciasem. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(1).
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ipa pada pembelajaran tematik menggunakan pbl. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. Sebatik, 23(2), 489–497.
Article Metrics
Abstract view : 41 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License