PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO CONFERENCE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.37698
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan video conference terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Mesin Listrik 2 Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 47 responden. Data diperoleh dari hasil penelitian, diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan aplikasi SPSS 28, yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data deskriptif, dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variabel tersebut menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan video conference terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Mesin Listrik 2 berada pada kategori baik. Berdasarkan uji korelasi sebesar 0,530 berada pada interval 0,40-0,599 yang berarti bahwa terjadi hubungan yang cukup diantara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil data yang diperoleh R2 sebesar 28,1% sedangkan 71,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video conference terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Mesin Listrik 2 Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dr, P. (2008). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Garavan, T. N., Carbery, R., O’Malley, G., & O’Donnell, D. (2010). Understanding participation in e‐learning in organizations: A large‐scale empirical study of employees. International Journal of Training and Development, 14(3), 155–168.
Goeyardi, W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menulis Aksara Cina Prodi Bahasa dan Sastra Cina di Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Linguistik Terapan, 54–64.
Keller, J., & Suzuki, K. (2004). Learner motivation and e-learning design: A multinationally validated process. Journal of Educational Media, 29(3), 229–239.
Kim, K.-J., & Frick, T. W. (2011). Changes in student motivation during online learning. Journal of Educational Computing Research, 44(1), 1–23.
Notoatmodjo, S. (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta..(2007). Promosi Kesehatan Teori Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraini, C. K., Faaizah, M., & Naim, C. P. (2014). Personalized Learning Environment (PLE) Experience in the 21st Century. 4th World Congress on Information and Communication Technology.
Rivai, I. N. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa PGMI di Tengah Pandemi Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 168–179.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30.
Setyawan, D. A. (2014). Uji Validitas & Reliabilitas Instrumen Penelitian. Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Surakarta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Klik Media.
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: progresif@unm.ac.id
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License