SURVEI PEMBELAJARAN PENJAS MELALUI BLADE LEARNING PADA SISWA KELAS V SD SE-KUTA JAYA KECAMATAN CICURUG

TB M NIFAN RIFAI(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.37206

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran blade learning ketika pandemi Covid-19 dan ingin mengetahui respons belajar siswa dan siswi SD kelas V se-Kuta Jaya selama pandemi virus Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif yaitu angket atau kuesioner. Teknik sampel yang digunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil dari data perhitungan, diperoleh hasil yaitu sebagian besar siswa memilih pembelajaran luring yaitu 63% atau sekitar 75 siswa sedangkan sebagian kecil siswa memilih pembelajaran daring yaitu sekitar 60% atau sekitar 62 siswa. Selain itu perbandingan pemahaman ketika diberikan materi melalui pembelajaran secara daring dan luring pada siswa yaitu, sebagian besar pemahaman siswa melalui pembelajaran luring yaitu 83% atau sekitar 100 siswa sedangkan sebagian kecil pemahaman siswa melalui pembelajaran daring yaitu 17% atau sekitar 20 siswa. Maka hasil dari pembelajaran blade learning ketika pandemi Covid-19 yaitu siswa lebih memilih pembelajaran luring dibandingkan pembelajaran daring. 

Keywords


Pembelajaran Penjas, Blade Learning, Siswa SD Kelas V

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Vol. 10 No. 3, September 2020, 282-289.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bilfaqih, Yusuf Dan M. Nur Qomarudin. (2015: 1). Pembelajaran Daring Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.

Daryanto, (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Dewi, W. A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI . Volume 2 Nomor 1 April 2020, 55-61.

Diah Handayani, D. R. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. VOL. 40, No. 2, April 2020, 119-129.

Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/Mts, & SMA/MA.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Volume 8, Nomor 3, 2020, 496-503.

Hilna Putria, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020, 861 - 872.

Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhapad Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching And Development, 1(1), 63–70.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standard Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia

Khan, Badrul. (2005). Managing E-Learning: Design, Delivery, Implementation And Evaluation. Hershey, PA: Information Science Publishing.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Vol. 2, No. 1 (2020), 67-76.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus (COVID-19).

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press

Muchammad Al Amin, D. J. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Volume 2 No.6 Tahun 2017, 33-42.

Muzamiroh, L. M. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Nugraha, B. (2015). PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA USIA DINI. Volume IV, Edisi 1, Juni 2015, 557-564.

Putri, R. N. (2020). Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jambi, 20(2), Juli 2020, 705-709.

Raibowo&Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-An Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148.

Syafrida, R. H. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 Di Indonesia. Vol. 7 No. 6 (2020), 495-508.

Sagala, S. (2010). Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabet.

Saryono & Rithaudin, A. (2011). Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGFU) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suherman, W.S. (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani Dari Teori Hingga Evaluasi Kurikulum. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Sujarwo (2021). Survei Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Setiabudi Vol. 1 No. 1

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Volume 2, Nomor 1, February 2020, 2, 187-192.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License