EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOFTWARE EAGLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 2 MAKASSAR
(1) Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i2.35279
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Penggunaan Software Eagle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik di Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control design, yang sampelnya 37 siswa untuk kelas kontrol dan 37 siswa untuk kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan tes pretest, posttest berupa soal-soal pilihan ganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 75 dan dari hasil posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 85, sedangkan untuk nilai rata- rata pretest kelas kontrol sebesar 73 dan hasil dari posttest nilai rata-rata sebesar 80. Hasil uji normalitas dengan analisis Kolmogrov Smirnov menunjukkan bahwa data pretest dan posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini berdistribusi normal karena nilai p > α (0,05). Hasil uji t dengan analisis independent sampel t test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < alpha 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti pelaksanaan pembelajaran menggunakan Software Eagle efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik di jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 2 Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Delisda, D., Sofyan, D., 2014. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Pembelajaran Konvensional. J. Pendidik. Mat. 3, 10.
Maksum, A., 2019. Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam 3, 8.
Sutikno, T.A., n.d. Manajemen Strategik Pendidikan Kejuruan Dalam Menghadapi Persaingan Mutu 10.
Warsita, B., 2018. Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. J. Teknodik 064–076. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.440
Yahya, M., 2015. Analisis Wawasan Kejuruan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar 9.
Article Metrics
Abstract view : 12 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: [email protected]
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License