STUDI IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Hasrul Hasrul(1*), Alimuddin Sa'ban Miru(2), Sri Nensi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.31992

Abstract


Studi Implementasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Di SMK Negeri 5 Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Hasrul Bakri dan Alimuddin Sa’ban Miru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) di SMK Negeri 5 Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah 60 orang guru SMK Negeri 5 Makassar. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi Technological Knowledge (TK) berada pada kategori baik, Pedagogical Knowledge (PK) berada pada kategori baik, Content Knowledge (CK) berada pada kategori baik, Pedagogical Content Knowledge (PCK) berada pada kategori baik, Technological Content Knowledge (TCK) berada pada kategori baik, Technological Pedagogical Knowledge (TPK) berada pada kategori baik, dan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) berada pada kategori baik. Secara umum disimpulkan bahwa implementasi TPACK di SMK Negeri 5 Makassar berada pada kategori baik.

Keywords


Implementasi, Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK)

Full Text:

PDF

References


Anggara, R. F. (2018). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpck) Guru Biologi Sman Di Bandar Lampung.Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Anggriawan, Y. (2020). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical. Semarang: Institut Agama Islam Negeri (Iain) Salatiga.

Ariani.(2015). Teori pembelajaran E-Learning. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan.

Atikah, N. (2019). Korelasi Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpck) Dengan Kompetensi Profesional Guru Biologi Di Sma Kecamatan Seberang Ulu II Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palembang).

Aviyanti, I. (2020). Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Status Sertifikasi, Lama Mengajar, Dan Bidang Studi Guru. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Fitrianingsih, R. (2020). Analisis Pengetahuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Administrasi Perkantoran Pada Mata Kuliah Teknologi Perkantoran.(Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Angkaan 2016) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Gallupe, R. B. (2003). Using Information Technology in Learning: Case Studies in Business and Management Education Programs. Academy of Management Learning and Education, 2(2), 139–153.

Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2019).Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Soshum Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291-298.

Husaini, M. (2017).Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 318 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License