PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI WEBLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 4 GOWA

Andi Sitti Rasiah(1*),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.31967

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi weblog sebagai media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran  Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dalam bentuk pretest posttest control group design dengan jumlah populasi 131 orang dan 65 orang digunakan sebagai sampel. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Uji instrumen tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas dengan KR-20, sedangkan uji instrumen angket menggunakan uji validitas dengan korelasi product moment pearson dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap penggunaan teknologi weblog dalam pembelajaran berada pada kategori baik dengan rata-rata skor angket 68,09. Penggunaan media pembelajaran menggunakan teknologi weblog mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran  Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis uji-t, hasil thitung menunjukkan angka 5,10 yaitu lebih besar dari ttabel yaitu 1,998 (5,10 > 1,998) yang berarti pengaruh penggunaan media pembelajaran menggunakan teknologi weblog dalam pembelajaran adalah signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil posttest siswa yang tidak menggunakan teknologi weblog dalam pembelajaran yaitu 74,73 dan rata-rata nilai posttest siswa yang menggunakan teknologi weblog dalam pembelajaran yaitu 88,66 dengan rentangan perbedaan yang cukup tinggi yaitu berkisar 13,93.

Keywords


Teknologi Weblog, Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anglin, G. J. (1995). Instructional technology: Past, present, and future. ERIC.

Arighi, H., Purwanto, I., & Ardiansyah, A. N. (2019). Implementasi Penggunaan Blog Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusuma, Y. Y. (2021). Bab 16 Penelitian Eksperimen. Teori & Konsep Pedagogik, 278.

Riduwan, R. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (Cet. 10). CV. Alfabeta.

Roger, M., Hetherington, J. H., & Delrieu, J. M. (1983). Magnetism in solid He 3. Reviews of Modern Physics, 55(1), 1.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedajogja.

Sutrisno, H. (2004). Statistik jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, D. (2013). Penerapan e-learning berbasis weblog dengan metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem koloid KELAS XI IPA di SMA Swasta AR-RAHMAN Medan TA 2012/2013. UNIMED.


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License