PENERAPAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA

Nur Husnil Khatimah(1*), Sri Hariati Mustari(2),

(1) Sulawesi Barat University
(2) STISIP 17-8-1945 Makassar University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.31873

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran picture word inductive model dalam meningkatkan kosakata siswa  SMP Guppi Samata kelas delapan pada tahun akademik 2019/2020. Peneliti menggunakan desain penelitian kuantatif dengan metode eksperimen.  Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 109 siswa, Adapun sampel yang dipilih adalah kelas VIIIA yang terdiri atas 39 siswa, sampel ini dipilih dengan teknik acak. Untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan kosakata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan mean score untuk pre-test adalah 53,52 dan mean score untuk post-test adalah 83,34. Ini membuktikan bahwa ada peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata dengan menggunakan picture word inductive model dalam pembelajaran Bahasa Inggris.


Keywords


strategi pembelajaran; picture word inductive model; penguasaan kosakat

Full Text:

PDF

References


Ary, D., Jacobs, L. C., Razavieh, A., & Ary, D. (2010). Introduction to Research in Education. 8th. Edition. USA: WARDSWORTH Cengage Learning.

Calhoun, E. (1999). Teaching beginning reading and writing with the picture word inductive model. ASCD.

Caroline, T. (2016). Practical English Language Teaching Young Learners.

Happy Lailatul, R. (2017). The effect of using picture word inductive model (PWIM) on students’ vocabulary mastery to the seventh grade students at SMPN 1 Balong in academic year 2016/2017. IAIN Ponorogo.

Hernawan, A. H., & Ruhiat, T. (2014). Strategi Pembelajaran di SD.


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License