PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI IKATAN KIMIA

Rosmala Mala Wati(1*), Musdalifah Musdalifah(2),

(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Baitussalam
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.30900

Abstract


Penerapan model Problem Based Learning merupakan upaya guru untuk meningkatkan Hasil Belajar kimia pada peserta didik kelas X-MIA.1 di SMAN 1 Baitussalam. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan Hasil Belajar Kimia materi Ikatan Kimia pada peserta didik kelas X-MIA1 melalui penerapan model Problem Based Learning di SMAN 1 Baitussalam. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-MIA1 dengan jumlah peserta didik 22 orang. Metode yang digunakan diskusi dan dengan pendekatan saintifik-TPACK. Penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian yang diterapkan dalam III siklus, yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes pada setiap siklus. Hasil analisis data penelitian menggambarkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning hasil belajar kimia peserta didik meningkat. Pada siklus I ketuntasan belajar peserta didik sebesar 68,18% dan meningkat di siklus II dan siklus III masing-masing 81,82% dan 95,45%.


Keywords


hasil belajar kimia, problem based learning, ikatan kimia

Full Text:

PDF

References


Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran elektronik (e-learning) terhadap mutu belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1).

Kistian, A. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Genta Mulia, 10(2).

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Pratama, R. N., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Soal Hots Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN 1 Gunungsari. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 89–101.

Purnomo, H. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sentya, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Sholihah, M., Yuliati, L., & Wartono, W. (2016). Peranan TPACK terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Post-Pack. State University of Malang.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Sylvia, I. L. A., Purwati, S. T., Sriyami, Y., Th, S., & Rukiyem, S. T. (2021). Guru hebat di era milenial. Penerbit Adab.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License