MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR KELAS XI TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 MUARA MUNTAI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Masyudi Masyudi(1*), Saharuna Saharuna(2), Mansyur Mansyur(3),

(1) SMK NEGERI 1 MUARA MUNTAI
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.30860

Abstract


Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor di kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Muara Muntai. Kegiatan ini masuk dalam penelitian tindakan  kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Untuk subyek yaitu siswa kelas XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor  berjumlah 6 siswa. Penelitian menggunakan dua siklus dengan teknik pengambilan data tes hasil belajar dan dokumentasi. Penelitian pada mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor menggunakan model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar  62,8 presetase kentuntasan 33,34% dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 85,77 dengan ketuntasan 83,35%. Hasil belajar siswa memenuhi batas indikator keberhasilan 75%. Hal ini dikarenakan pada siklus II dilakukan perubahan perbaikan model pembelajaran menggunakan Problem Based Learning yaitu menyampaikan masalah yang nyata dan menampilkan benda aslinya secara langsung untuk dipraktikkan membuat peserta didik cepat memahami materi, perubahan ini berdasarkan refleksi pada siklus sebelumnya.


Keywords


Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, Memahami jenis-jenis ban dan perawatan ban secara berkala. Keywords : Problem based learning, learning outcomes, Understanding the types of tires and regular maintenance of tires.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Penelitian tindakan kelas.

dalam Rusmono, B. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan metode pembelajaran peserta didik slow learner. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 94–107.

Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanti, F. A., Mundilarto, M. P., & Kuswanto, H. (2019). Teori Dan Aplikasi Model Cooperative Research Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Gre Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License