PENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUTUHAN DASAR MANUSIA SISWA SMK NEGERI 4 NEGARA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Ni Kadek Rina Savitri(1*), Abdul Hajar(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Negara
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.30819

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kebutuhan Dasar Manusia materi perawatan klien meninggal dunia siswa kelas XII Asisten Keperawatan 1 (AK 1) SMK Negeri 4 Negara Tahun Ajaran 2021/2022 dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Negara dengan subjek penelitian adalah 34 siswa pada kelas XII Asisten Keperawatan 1 (AK 1) SMK Negeri 4 Negara Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode penhgamatan dan tes. Dalam  analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa kelas XII AK 1 pada penelitian siklus I dengan prosentase 60,75% meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa kelas XII AK 1 pada penelitian siklus I 72,81 meningkat menjadi 81,10 pada siklus II. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 61,76% meningkat 23,53% menjadi 85,29% pada siklus II.


Keywords


Hasil Belajar, Kebutuhan Dasar Manusia, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem-based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38–48.

Dantes, N. (2003). Paradigma dan orientasi pendidikan nasional dalam bingkai otonomi pendidikan (dengan implikasi pada model evaluasi pembelajaran). Jurnal Ikatan Keluarga Alumni IKIP Negeri Singaraja, 1(2), 1–12.

Ibrahim, M., & Nur, M. (2004). Pengajaran Berbasis Masalah. Surabaya: University Press.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License