PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR OPERASI TEKNIK KIMIA

Wuri Handayani(1*), Alimin Alimin(2), Hastini Hastini(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tuban Jawa Timur
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SMTI Makasar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.30793

Abstract


Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas XII Kimia Industri 1 mata pelajaran  Operasi Teknik Kimia II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mapel Operasi Teknik Kimia melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII Kimia Industri 1 SMK Negeri 1 Tuban sebanyak 16 siswa. Metode yang digunakan diskusi dengan penerapan TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran di setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Siklus I keaktifan siswa mencapai 43,75% dan hasil belajar yang tuntas mencapai 69% , (2) Siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa menjadi 62,5% dan hasil belajar yang tuntas mencapai 75%, (3) Siklus III terjadi peningkatan keaktifan siswa menjadi 75% dan hasil belajar yang tuntas mencapai 88%. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Operasi Teknik Kimia II.


Keywords


Operasi Teknik Kimia II, Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Barrett, T., & Moore, S. M. (2011). New Approaches To Problem-Based Learning. Routledge New York.

Cahir, C. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd Negeri 329 Palambarae Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Tgt. PINISI: Journal Of Teacher Professional, 2(1), 6–13.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2: Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 1–14.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: [email protected] 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License