PENGEMBANGAN MODEL HYBRID SINKRON MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Rosa Mestika Sari(1*), Riana T Mangesa(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.30723

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Menghasilkan model hybrid sinkron yang layak dipergunakan pada mata kuliah evaluasi pembelajan di Prodi PTE Universitas Negeri Makassar; (b) Mengetahui kepraktisan model melalui tanggapan mahasiswa terhadap model hybrid sinkron pada mata kuliah evaluasi pembelajaran dan (c) Mengetahui keefektifan penggunaan model hybrid sinkron pada mata kuliah evaluasi pembelajaran di Prodi PTE Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R & D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE dengan 5 tahap. Uji validasi dalam penelitian ini melibatkan 4 orang ahli dibidangnya masing-masing. Uji coba dalam penelitian ini mengunakan pengujian disk and carey. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) Model hybrid sinkron sangat layak dipergunakan pada mata kuliah evaluasi pembelajaran berdasarkan hasil penilaian para ahli pendidikan; (b) Kepraktisan model dilihat dari hasil respon terhadap penggunaan model hybrid sinkron diperoleh penilaian dengan hasil penilaian 86 % dan (c) Sesuai hasil pengamatan keterlaksanaan model hybrid sinkron yang mengabungkan 3 media dan respon mahasiswa yang sangat baik, maka  model dinyatakan efektif dipergunakan pada mata kuliah evaluasi pembelajaran.


Keywords


Model hybrid sinkron, efektifitas, dan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Adhe, K. R. (2018). Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD Di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Online Learning Model PAUD Study in PG PAUD Education Faculty of Surabaya State University. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 26–31.

Brittany, G. (2015). Online learning revealing the benefits and challenges. Education Masters, 303.

Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 121–180.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2001). The systematic design of instruction (5th). New York: Longmann.

Mukhtazar, M. P. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Deepublish.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Theodosis, K. (2018). Constructivism And Behaviorism in Desigpning Online Learning Programs. https://elearningindustry.com/designing-online-learning-programs-constructivism-behaviorism


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License