PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IKATAN KIMIA

Suci Asmandhani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v3i1.30695

Abstract


Penerapan model pembelajaran problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ikatan kimia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ikatan kimia melalui Model PBL. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas X Mipa 6 SMA Negeri 3 Jayapura sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan diskusi dan dengan pendekatan saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran di setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai rata-rata hasil belajar pada mata pelajaran Kimia Siswa Kelas X Mipa 6 SMA Negeri 3 Jayapura pada akhir siklus I nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan mencapai 65% , nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87 dengan ketuntasan mencapai 83%, dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai paling tertinggi yaitu 93 dan ketuntasan mencapai 100%. Hasil belajar pada materi ikatan kimia dapat meningkat dengan menggunakan model PBL.


Keywords


Ikatan Kimia, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, A. (2010). Kompetensi Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran. JURNAL SERAMBI ILMU, 11(2), 52–56.

Arikunto, S. (2010). Arikunto, Suharsimi.(1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Hayati, D. K., Sutrisno, S., & Lukman, A. (2014). Pengembangan kerangka kerja TPACK pada materi koloid untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dalam mencapai HOTS siswa. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1).

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98.

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2).

Mulyasa, D. H. (2020). Praktik penelitian tindakan kelas.

Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).

Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195.

Shaputri, W., Marhadi, H., & Antosa, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 29 Pekanbaru. Riau University.

So, H.-J., & Kim, B. (2009). Learning about problem based learning: Student teachers integrating technology, pedagogy and content knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 25(1).

Vitasari, R. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(3).

Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).


Article Metrics

Abstract view : 403 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License